Gerah Dituding Abaikan Pengungsi, Ini Jawab Arab Saudi

Anak-anak pengungsi Suriah
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Arab Saudi menegaskan bahwa mereka turut berperan serta dalam membantu para pengungsi Suriah yang melarikan diri, karena konflik di negaranya. Hal itu disampaikan karena banyaknya kritik kepada Arab Saudi yang mengatakan mereka tidak banyak bertindak dalam mengatasi fenomena krisis pengungsi ini.

Dilansir dari laman Aljazeera, Saudi Press Agency (SPA) atau Kantor Berita Saudi pada Jumat, 11 September 2015 mengutip sumber resmi di Kementerian Luar Negeri, menyatakan, kerajaan ingin memperjelas perannya dalam membantu pengungsi karena dituduh tidak melakukan bantuan apa pun.

“Sangat penting untuk memperjelas upaya ini dengan fakta-fakta dan angka dalam menanggapi laporan yang media sebarkan, termasuk tuduhan palsu dan menyesatkan tentang kerajaan (Arab Saudi),” tulis keterangan Kementerian Luar Negeri.

Tak satu pun dari enam negara yang membentuk Dewan Kerja Sama Teluk, Arab Saudi (Oman, Uni Emirat Arab, Kuwait, Bahrain, dan Qatar) yang telah menandatangani konvensi PBB tentang pengungsi. Tetapi, Arab Saudi mengatakan mereka telah menampung ratusan bahkan ribuan pengungsi Suriah sejak perang dimulai pada 2011.

Kisah Haru Atlet Olimpiade Nyaris Mati Menolong Pengungsi

Hingga saat ini, Arab Saudi telah menerima pengungsi Suriah sebanyak 2,5 juta orang.

“Arab Saudi tidak memperlakukan mereka sebagai pengungsi atau menempatkan mereka di kemah khusus pengungsi. Kami menjaga martabat dan keselamatan mereka, serta memberikan mereka kebebasan untuk bergerak. Arab Saudi bahkan menyediakan layanan kesehatan gratis dan memberikan lapangan pekerjaan serta pendidikan,” ujarnya.

SPA menjelaskan, Arab Saudi juga telah memberikan sekitar US$700 juta untuk bantuan kemanusiaan ke Suriah dan telah mendirikan klinik di berbagai kemah pengungsi.

Sumber dari pihak pemerintahan mengatakan, ada lebih dari 100.000 murid sekolah asal Suriah yang mendapatkan pendidikan gratis. Selain itu, memberikan bantuan untuk Suriah melalui lembaga-lembaga internasional.

Helikopter Rusia Ditembak Jatuh
Jet tempur Rusia

Jet Rusia Jatuhkan Bom di Suriah, 10 Warga Terluka

Serangan ini diklaim oleh aktivis sebagai aksi balas dendam.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016