Kunjungi RI, Wakil Menteri Swedia Jajal Bus TransJakarta

Oscar Stenström
Sumber :
  • www.government.se
VIVA.co.id
Diguyur Dana Rp750 M, TransJakarta Beli Bus Baru
- Wakil Menteri Urusan Badan Usaha dan Inovasi Swedia, Oscar Stenström, akan berkunjung ke Indonesia selama 22-24 September 2015. Dia datang untuk mempromosikan perdagangan bilateral Indonesia dengan Swedia. 

Swedia Usul Jakarta Bangun Subway Sebagai Solusi Macet
Demikian keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id dari Kedutaan Besar Swedia di Jakarta pada Senin, 21 September 2015. Tema dari kunjungan Stenström ke Jakarta yaitu promosi ekspor, perdagangan bebas dan inovasi. Tujuannya, untuk menyoroti dan memperkuat kerja sama Indonesia dan Swedia di bidang terkait. 

Ini Pengalaman Wamen Swedia Ketika Jajal Busway Scania
"Saat ini, terdapat sekitar 70 perusahaan Swedia yang aktif di Indonesia. Potensi investasi yang sangat besar, juga perdagangan bilateral yang menguat. Indonesia adalah salah satu negara prioritas bagi Pemerintah Swedia dalam upaya meningkatkan perdagangan dua arah," ujar Duta Besar Swedia untuk Indonesia, Johanna Brismar Skoog. 

Dengan adanya kunjungan tersebut, Skoog menambahkan, menjadi kunci untuk mempererat hubungan yang selama ini sudah terjalin sangat baik. 

Selama berada di Jakarta, Stenström akan bertemu dengan berbagai pejabat tinggi antara lain, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Panjaitan, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, dan Deputi Gubernur Jakarta bidang Transportasi, Perdagangan dan Industri Sutanto Soehodho.

Dalam kunjungannya ke Jakarta, Stenström, juga akan menjajal bus Scania buatan Swedia yang digunakan sebagai alat transportasi umum Bus TransJakarta. Dijadwalkan, dia akan mencoba transportasi itu pada Rabu esok. 

Kepada Presiden Scania Swedia dan PT United Tractor, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menyebut ibukota membutuhkan sekitar 2.000 bus Scania. Bus seharga per unit Rp5,8 miliar itu telah mulai mengaspal dalam uji coba pada bulan Mei lalu. 

Selain itu, Stenström juga akan bertemu dengan komunitas pengusaha Swedia di Indonesia untuk membahas tantangan berbisnis di Tanah Air. (ren)




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya