Swedia Beri Cuti Tiga Bulan untuk Ayah

Suami dan istri.
Sumber :
  • http://informasi-fantastis.blogspot.co.id/

VIVA.co.id - Seorang ayah di Swedia bisa menghabiskan banyak waktu dengan anaknya yang baru lahir. Mulai tahun 2016, pemerintah Swedia memberikan cuti resmi untuk para ayah selama tiga bulan.

Negara Terkecil Itu Bernama Keluarga

Dilansir dari Channel News Asia, Senin, 26 Oktober 2015, sistem cuti untuk para ayah ini dinilai sebagai salah satu kebijakan yang paling dermawan di dunia.

Meski cuti, para ayah tetap berhak mendapatkan bayaran upah selama 480 hari untuk setiap anak yang lahir. Cuti tiga bulan itu diberikan khusus untuk ayah, dan tak bisa dialihkan kepada ibu.

Usai Belgia, Kini Giliran Swedia Diteror Bom

Kebijakan cuti diberikan agar ayah juga memiliki banyak waktu bersama anaknya.

Keunikan sistem cuti di Swedia tak hanya itu. Sistem atau peraturan cuti untuk merawat anak memperbolehkan orang tua untuk dapat memilih antara fokus kepada anak atau kepada karier mereka.

Intip Momen Bahagia Eva Celia

Per Karlsson, seorang ayah dua anak mengaku senang karena peraturan tersebut membuatnya dapat menciptakan keluarga yang dinamis.

"Saya sangat senang bisa berada di rumah dengan anak-anak. Saya tidak keberatan untuk bekerja, tetapi dengan adanya sistem ini saya juga bisa tetap berada di rumah untuk waktu yang lama," ujar Karlsson.

Peraturan ini juga memungkinkan orang tua untuk memilih bagaimana dan siapa yang akan mengurus anak dan memungkinkan untuk memberikan upah yang sama serta keseimbangan gender.

"Dengan melakukan ini, kedua orang tua dianggap sederajat. Masing-masing saling bertindak, ayah membantu ibu dan juga sebaliknya," kata Ida Viklund, peneliti dari Universitas Stockholm. (ase)

Ilustrasi

Polwan Berbikini Berhasil Bekuk Maling

Saat terjadi pencurian, dia sedang asyik berjemur.

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016