Singapura: Masalah Asap Harus Selesai Tahun 2020

Warga protes bencana kabut asap di Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi
VIVA.co.id
Maskapai Ini Resmi Punya Pilot Perempuan
-  Menteri Lingkungan Hidup Singapura yang baru, Masagos Zulkifli, mengatakan ada tingkatan langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah kabut asap. Negara-negara di Asia Tenggara menegaskan ingin menyelesaikan bencana tahunan ini agar selesai pada tahun 2020.

Nikita Mirzani Pamer Aksi di Meja Judi Singapura

Dilansir dari
Borong Barang Mewah di Singapura, Nikita Mirzani Dihujat
Channel News Asia , Jumat, 30 Oktober 2015, Zulkifli mengadakan konferensi pers setelah menghadiri sejumlah pertemuan ASEAN untuk membahas isu mengenai kabut asap ini.


Di tingkat ASEAN, Masagos menyerukan agar dilakukan pengelolaan lahan gambut dan mengurangi lahan yang sudah ditetapkan untuk konsesi. Dia memuji komitmen Presiden Indonesia, Joko Widodo, atas inisiatif program Satu Peta untuk memastikan bencana asap tidak lagi terjadi.


"Ada juga kebutuhan untuk mengaktifkan aset milik daerah, sehingga dapat memadamkan api dengan cepat. Contohnya Singapura berhasil segera memadamkan kebakaran dengan efektif di sekitar 50 titik api," kata Masagos.


Pada tingkat bilateral, Masagos mengatakan bahwa Singapura harus lebih terlibat dengan Indonesia dan negara tetangga lainnya seperti Malaysia. Ia mencontohkan, UU Singapura telah mengatur hukuman untuk perusahan yang terbukti menjadi penyebab kebakaran hutan.


"Sejauh ini sudah ada tujuh perusahaan yang diberikan peringatan. Konsumen memiliki peran penting, mereka seharusnya tidak kalah dengan asap dan lebih bijak dalam memilih produk yang ramah lingkungan," ucap Masagos. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya