Jepang: Kapal China dengan Meriam Masuk Wilayah Sengketa

Kapal fregat China Jiangkai II
Sumber :
  • Doc. US Navy

VIVA.co.id - Penjaga pantai Jepang melihat adanya kapal China yang dipersenjatai dengan beberapa meriam memasuki wilayah sengketa Laut China Selatan.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Sabtu, 26 Desember 2015, kedua negara kerap menunjukkan kekuatan masing-masing dengan menggunakan kapal atau pesawat sebagai bagian dari klaim kepemilikian wilayah.

"Ini bukan yang pertama kalinya sebuah kapal penjaga pantai China yang tampaknya bersenjata memasuki wilayah perairan dekat Kepulauan Senkaku," ujar otoritas Jepang.

Laut China Selatan Memanas, Beijing: Siap-siap Perang

Negara Jepang mengelola pulau-pulau tak berpenghuni dengan nama Senkaku. Namun China juga mengklaim wilayah perairan itu dengan menamakannya Diaoyus.

"Kapal itu mengangkut empat peralatan, dua di bagian depan dan dua lainnya di bagian belakang kapal. Benda itu terlihat mirip dengan meriam," kata juru bicara otoritas penjaga pantai Jepang.

Di hari yang sama, dua kapal China lainnya memasuki wilayah yang dianggap Jepang adalah daerah sengketa. Namun tidak seperti sebelumnya, kapal itu tidak dilengkapi oleh peralatan yang mencurigakan, mereka berada di wilayah tersebut selama satu jam pada pukul 09.30 waktu setempat.

Sejumlah negara di Asia termasuk Jepang dan China, terlibat dalam permasalahan sengketa wilayah Laut China Selatan. Setiap negara mengklaim bahwa wilayah yang merupakan jalur perdagangan terbesar di dunia itu merupakan wilayah dari negara mereka masing-masing. (ase)

Foto terbaru soal pembangunan di wilayah sengketa di Laut China Selatan.

Tiongkok Bangun Hanggar Pesawat di Laut China Selatan

Padahal Pengadilan Arbitrase memutuskan klaim China tak berdasar.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016