Menlu RI Hubungi Uni Eropa, Tengahi Iran-Arab Saudi

Menteri Luar Negeri Menlu Retno Marsudi dan Federica Mogherini Uni Eropa
Sumber :
  • eu2015lu.eu
VIVA.co.id
Iran Eksekusi Mati Ilmuwan Nuklirnya
- Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, Rabu pagi ini bertelepon dengan Perwakilan Tinggi Urusan Luar Negeri Uni Eropa (setara Menlu), Federica Mogherini. Mereka berbincang terkait dengan konflik yang kini masih terjadi antara Iran dan Arab Saudi.

Iran Akui Tentaranya Tewas dalam Perang Suriah

"Selain itu juga dilakukan pembicaraan mengenai kunjungan Menlu Indonesia ke Iran dan Arab yang membawa pesan khusus," demikian tertulis dalam keterangan pers yang diterima
Cinta Tanah Air, Diaspora Indonesia di Houston Galang Dana
VIVA.co.id dari kantor Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia, Rabu, 13 Januari 2016.


Keduanya dikabarkan sepakat untuk bekerja sama mengurangi ketegangan di wilayah Timur Tengah tersebut. Menlu Retno dan Mogherini saling berbagi pandangan bahwa ketegangan yang ada saat ini dapat menghasilkan konsekuensi yang sangat negatif, tidak hanya dalam hubungan bilateral namun juga terhadap wilayah Timur Tengah.


"Ketegangan juga akan berpengaruh terhadap proses penyelesaian konflik di Suriah, hingga terhadap seluruh komunitas Islam di seluruh dunia dari Asia hingga ke Eropa," demikian isi pernyataan tersebut.


Menlu Retno dan Mogherini akhirnya sepakat untuk meneruskan usaha kerjasama mengenai penanganan inisiatif demi menenangkan situasi kedua negara tersebut. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya