UNESCO Kagumi Peninggalan Sejarah di Indonesia

Kota Tua
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rebecca Reiffi Georgina

VIVA.co.id - Perwakilan UNESCO di Indonesia untuk bidang Sosial dan Kemanusiaan, Irakli Khodeli, mengagumi budaya dan peninggalan sejarah yang ada di Indonesia. Bumi pertiwi dengan masa lalunya yang panjang membuat Indonesia memiliki ratusan bahkan ribuan sejarah serta cagar budaya yang terbentang dari Sabang hingga Merauke.

"Semuanya (cagar budaya) sangat indah di sini dan tak dapat dibandingkan satu sama lain. Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia juga memiliki banyak cagar budaya yang sangat unik," kata Khodeli kepada VIVA.co.id saat ditemui di Cafe Historia, kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Jumat, 22 Januari 2016.

Melancong ke Jakarta Masa Lampau

Gedung-gedung di Jakarta, kata Khodeli memiliki daya tarik tersendiri mulai dari bangunan kecil hingga bangunan yang besar. Salah satu tempat atau cagar budaya yang menjadi favorit Khodeli adalah Cafe Historia.

"Favorit saya pribadi adalah Cafe Historia ini. Tempat ini merupakan cagar budaya dengan banyak fungsi, mulai dari cafe, museum hingga tempat untuk berkumpul anak muda. Ini adalah cagar budaya dan sejarah yang hidup dan berfungsi," katanya menambahkan.

Ia menyukai atmosfer cafe yang sudah berdiri sejak tahun 1915 ini yang tenang dan 'bersuasana sejarah'." Saya dapat langsung merasakan sejarah yang ada di sini."

Batavia Market, Restoran Unik di Kota Tua

Namun, Khodeli menyayangkan banyaknya peninggalan sejarah yang rusak karena tak terawat. Ia menjelaskan UNESCO dan pemerintah Indonesia akan terus bekerja sama untuk melakukan pemugaran atau revitalisasi terhadap warisan sejarah dan budaya di Indonesia demi keindahan, kelestarian dan kepentingan sosial.

"Butuh perhatian dan kerja keras untuk memperbaikinya, termasuk kerja sama dengan pemerintah setempat hingga menggunakan teknik arsitek yang tinggi dan profesional."

(mus)

Lima Objek Wisata yang Bisa Anda Temukan di Kota Tua
Kedai Seni Djakarte

Kongkow Asik di Kedai Seni Djakarte Kota Tua

Kedai ini jadi favorit warga Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2015