Indonesia Yakin Laos Bisa Pimpin ASEAN

Sumber :
  • ANTARA FOTO/Kemenlu-Suwandy

VIVA.co.id - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Arrmanatha Nassir menyatakan, pemerintah Indonesia yakin, Laos merupakan Ketua ASEAN yang baik. Meski negaranya kecil, tak menjadi alasan atau rintangan bagi Laos untuk memimpin ASEAN.

Menhan RI, Malaysia, Filipina Lahirkan 6 Poin Kerjasama

"Kita positif Laos akan menjadi ketua ASEAN yang baik," ujar Arrmanatha di Gedung Kemlu RI, Jakarta, Rabu, 27 Januari 2016.

Ia mengatakan, Indonesia sebagai natural leader ASEAN, tidak boleh berdiam diri dan harus mendampingi negara berkembang lainnya seperti Laos. Hal ini menjadi kesempatan untuk membagi pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki Indonesia.

ASEAN Disebut Lemah Ambil Sikap Soal Laut China Selatan

"Laos adalah salah satu negara ASEAN yang kecil dan kita harus mendukung dari banyak segi penyelenggaraan. Kita berbagi pengalaman untuk menangani isu-isu yang harus diperhatikan dan dengan kunjungan Menlu (Menteri Lluar Negeri) Retno ke Laos, hal itu akan memberikan kepercayaan diri kepada mereka, karena Indonesia adalah natural leader ASEAN," katanya menambahkan.

Arrmanatha menjelaskan, banyaknya permasalahan internal Laos tak membuat Indonesia khawatir akan kemampuan negara itu menjadi pemimpin kawasan. Ia beranggapan, setiap negara pasti memiliki masalah atau pelanggarannya masing-masing. Namun, yang terpenting bagi tiap negara adalah cara merespon pelanggaran tersebut.

Jika ASEAN Tak Bisa Satu Suara, Indonesia Harus Keluar

"Kita terus membagi pengalaman untuk bantu negara-negara ASEAN lainnya untuk merespon pelanggaran yang ada. Mengenai stabilitas kawasan, Laos mengatakan pihaknya akan lebih mendorong adanya perdamaian dan stabilitas kawasan termasuk kasus di Laut China Selatan. Kita percaya Laos mampu melakukan hal itu dengan kepemimpinan mereka.”

(mus)

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman

Indonesia Peringkat Pertama Statistik Pertanian ASEAN

RI mengembangkan 20 jenis statistik pertanian.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016