AS Beri Pelatihan untuk Jaksa dan Hakim Indonesia

Sumber :
  • VIVAnews / Santi Dewi

VIVA.co.id - Duta Besar AS untuk Indonesia, Robert O Blake, menginformasikan bahwa Departemen Kehakiman AS telah menggelar sejumlah pelatihan untuk para jaksa dan hakim di Indonesia. Pelatihan tersebut diadakan terkait dengan upaya kerja sama pemerintah Indonesia dan AS dalam memberantas penangkapan ikan secara ilegal yang terjadi di wilayah perairan laut Indonesia.

"Departemen Kehakiman kami telah mengadakan pelatihan bagi jaksa dan hakim Indonesia. Kami juga menjajaki kemitraan baru dengan interpol untuk membantu Indonesia dalam penegakan hukum di bidang kelautan," kata Blake yang ditemui hari ini, Rabu, 27 Januari 2016 di @america, Pacific Place, Jakarta Selatan.

Ia melanjutkan, pemerintah AS melalui kedutaan besar percaya bahwa kegiatan-kegiatan ini saling berhubungan dan berpengaruh terhadap kasus-kasus pelanggaran lainnya yang terjadi.

AS percaya, jika berhasil mengatasi permasalahan pencurian ikan, negara bisa mengatasi permasalahan-permasalahan lainnya seperti perdagangan manusia, penyelundupan hewan, juga narkoba. "Karena mayoritas penyelundupan ini menggunakan perahu," kata Blake.

"AS juga sangat memperhatikan masalah penangkapan ikan secara ilegal di negara kami sendiri, Presiden Obama menaruh prioritas yang tinggi soal itu. Soal penangkapan ikan secara ilegal mendapat prioritas yang tinggi di wilayah konservasi laut, sehingga bisa membuat spesias ikan bisa bertahan hidup dan bertambah banyak," ucap dia.

KTT AS-ASEAN, Pertemuan Besar Bermakna Ganda
Bendera AS dan China

2-3-1969: Militer Soviet dan China Terlibat Baku Tembak

Ketegangan Soviet dan China akhirnya dimanfaatkan Amerika.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2016