Gara-gara Zika, Brasil Jadi 'Galau' Gelar Olimpiade

Maskot Olimpiade 2016 Brasil
Sumber :
  • REUTERS/Sergio Moraes

VIVA.co.id - Brasil kini berada di bawah tekanan besar untuk meyakinkan para atlet dan wisatawan internasional untuk datang ke negara mereka karena takut dengan mewabahnya virus Zika pada saat perhelatan Olimpiade negari itu pada Agustus 2016.

Dilansir dari situs Emirates, Jumat, 19 Februari 2016, laporan pada Rabu menunjukkan adanya 508 kasus baru mikrosepali terkonfirmasi yang dikaitkan dengan efek dari virus Zika. Jumlah tersebut meningkat hanya dalam waktu kurang dari seminggu.

"Perhitungan sebelumnya adalah 462 pada hari Jumat lalu," menurut keterangan resmi Kementerian Kesehatan Brasil. Sebanyak 3.935 dugaan kasus mikrosepali lainnya di mana bayi lahir dengan kondisi kepala mengecil dan juga kemungkinan kerusakan otak, saat ini sedang dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Dari jumlah tersebut, hampir 40% kasus terungkap dalam enam pekan terakhir. Di Brasil, pada umumnya melaporkan sekitar 150 kasus mikrosepali setiap tahunnya, dan hanya ada dua dari 27 negara di Amerika Serikat yang tidak melaporkan temuan kasus tersebut.

Menurut Paulo Lopez, ilmuwan Brasil, kenaikan jumlah ini terkait dengan ledakan jumlah nyamuk yang membawa virus Zika yang diperkirakan mencapai 1,5 juta orang yang terinfeksi virus dari awalnya berasal dari Afrika Barat.

"Nyamuk ini benar-benar ada (di Brasil). Mereka lahir, tumbuh dan hidup dalam rumah warga," kata dia.

Nestle Dituding Dukung Perbudakan di Brasil
Kaca bus wartawan Olimpiade 2016 ditembak

Kepala Keamanan Olimpiade Bantah Isu Penembakan Bus Wartawan

Dua orang terluka akibat serangan tersebut.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016