Sepuluh Alasan yang Bikin Jemaah Haji Tersesat di Mekah

Bangunan ka'bah.
Sumber :
  • REUTERS/Amr Abdallah Dalsh/Files

VIVA.co.id – Jemaah haji yang tersesat ternyata juga menjadi perhatian pemerintah Arab Saudi. Banyak faktor yang menyebabkan seorang jemaah haji tersesat dan tak tahu jalan kembali ke penginapan.

Alas Kaki Penting Selama di Madinah, Ini Alasannya

Menunaikan ibadah haji menjadi dambaan seluruh Muslim di dunia. Rukun Islam kelima ini dianggap sebagai momentum untuk "berdialog" langsung dengan Allah SWT. Banyak kisah yang bisa menjadi pelajaran dari mereka yang sudah pernah menunaikan ibadah haji. Salah satunya adalah kisah tersesat.

Pernahkah anda mendengar ada jemaah haji yang tersesat, dan akhirnya tak bisa kembali lagi menemukan penginapan dan rombongannya. Saudi Gazette, sebuah media yang terbit di Arab Saudi melakukan survei ringan tentang penyebab, mengapa jemaah haji kerap tersesat.

Ini Layanan Akomodasi Jemaah Haji di Arab Saudi

Tiga problem utama yang paling sering membuat jemaah haji tersesat adalah usia jemaah yang sudah tua, problem bahasa, dan terpisah dengan kelompoknya.

"Menjadi masalah besar ketika jemaah haji tak mampu berkomunikasi dengan pihak berwenang, ketika mereka juga tak menyadari nama tempat penginapan mereka," tulis media tersebut seperti dikutip Al Arabiya, Selasa, 1 Maret 2016.

Penting Dicatat, Ini Call Center Darurat Bagi Jemaah Haji

"Anda perlu mendata usia jemaah, termasuk latar belakang sosial dan budaya mereka," komentar Ahmad Halabi, seorang pemandu haji asal Turki.

Ia mengaku tertekan karena hal-hal seperti itu kini diwajibkan oleh pemerintah Saudi untuk dicatat. Menurut Halabi, saat ini pemerintah Saudi meminta mereka memperhatikan pada jemaah yang tersesat dan memastikan jemaah tersebut kembali bertemu dengan rombongannya.

Selain tiga hal utama, Halabi juga memastikan, salah satu penyebab tersesat adalah saat jemaah mengambil jalan yang berbeda ketika berangkat ke Masjidil Haram atau pulang dari masjid tersebut.

"Masjidil Haram memiliki banyak jalan, dan situasi disekitarnya sangat membingungkan. Beberapa jemaah bersikeras untuk tetap bertahan dan menolak kembali bersama kelompoknya. Itu penyebab mengapa banyak jemaah yang tersesat," kata Halabi menambahkan.

Berikut beberapa penyebab mengapa jemaah haji mudah tersesat:
1. Usia yang sudah tua
2. Problem bahasa/komunikasi
3. Tak mahir membaca peta
4. Tak mengetahui nama dan lokasi penginapan mereka
5. Tak mengetahui nama perusahaan yang mengurus mereka selama masa haji
6. Tak bisa mengingat nama jalan atau nama tetangga kamar mereka
7. Tak mempedulikan penanda di sekitar lokasi penginapan mereka
8. Memisahkan diri dari kelompoknya
9. Tak menggunakan gelang penanda
10. Pulang dan pergi ke Masjidil Haram dengan jalan yang berbeda.

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya