Kasus Microchepali Meningkat Lagi di Brasil

Juan Pedro, 2 bulan, seorang bayi di Brasil yang terlahir dengan kondisi microcephalus.
Sumber :
  • REUTERS/Nacho Doce.

VIVA.co.id – Jumlah kasus microcephaly pada bayi baru lahir di Brasil, meningkat dari 4.863 ke 4.976 kasus. Microcephaly adalah kondisi dimana seorang bayi lahir dalam keadaan kepalanya mengecil.

COVID-19 Belum Usai, WHO Umumkan Ancaman Pandemi Berikutnya

Dilansir dari laman Sputnik, Jumat, 11 Maret 2016, kasus microcephaly yang terkait dengan Virus Zika juga meningkat 100 kasus menjadi total 745 kasus. Lebih dari setengah wilayah Brasil kini sudah terjangkit dengan Virus Zika dengan lebih dari 80 persen diantaranya terdaftar sebagai kasus kesehatan karena Virus Zika di bagian Timur negara tersebut.

Virus Zika mempengaruhi makhluk hidup mamalia terutama manusia dan monyet yang disebabkan dan disebarkan oleh nyamuk yang membawa virus berbahaya itu. Kasus Zika yang disebabkan karena transfusi darah dan hubungan seksual juga telah banyak dilaporkan.

Virus Zika Jadi Jawaban untuk Obat Kanker Otak?

Virus Zika tidak menyebabkan sebuah komplikasi serius bagi kaum dewasa, namun virus itu bisa menyebabkan kerusakan otak seperti microcephaly pada bayi yang baru lahir. Hingga saat ini belum ditemukan adanya obat atau vaksin yang bisa menyembuhkan Virus ZIka. Pemerintah dan warga setempat hanya bisa melakukan kontrol sebagai upaya pencegahan. (ren)

Seorang anak terjangkit Virus Zika.

Virus Zika, Satu Kali Mutasi Bisa Meledak Jadi Wabah

Para ilmuwan bilang manusia harus mewaspadai varian-varian Virus Zika yang bisa memulai ledakan wabah besar lainnya.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2022