Indonesia Beri Selamat Kepada Presiden Baru Myanmar

Htin Kyaw, Presiden Myanmar yang baru terpilih pada 13/3/2016. Ia sudah bersiap untuk memangkas 15 kementerian.
Sumber :
  • Reuters/Soe Zeya

VIVA.co.id – Pemerintah dan Rakyat Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Htin Kyaw sebagai Presiden Myanmar yang baru. Htin Kyaw terpilih melalui proses pemilihan demokratis oleh parlemen Myanmar.

WNA Korban Perdagangan Orang Benjina Terima Restitusi

Pemilihan presiden ini merupakan bagian dari proses transisi politik yang demokratis di Myanmar yang telah berjalan sejak penyelenggaraan Pemilu Parlemen, 8 November 2015, lalu sebagai perwujudan dari harapan dan aspirasi rakyat Myanmar.

"Indonesia menekankan kembali komitmen untuk terus menjadi mitra terdepan Myanmar dalam mendukung upaya dan langkah Myanmar dalam melakukan reformasi, demokratisasi dan rekonsiliasi yang berkesinambungan," demikian keterangan pers yang diterima VIVA.co.id, Rabu, 16 Maret 2016.

Bertemu Dubes Myanmar, Wiranto Bahas Masalah Terorisme

Kemlu menyampaikan, Indonesia juga bertekad untuk terus meningkatkan kerja sama di berbagai bidang yang selama ini terjalin erat dengan Myanmar, baik pada tingkat bilateral, ASEAN, maupun forum internasional.

"Kerja sama ini akan membawa kesejahteraan bagi rakyat kedua negara dan berkontribusi terhadap perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan maupun dunia."

Kata Mendag Soal Embargo Perdagangan ke Myanmar

Setelah 50 tahun, ini pertama kalinya Myanmar memiliki presiden non militer. Htin Kyaw adalah orang kepercayaan Aung San Syuu Kyi, pemimpin partai NLD. Meski NLD menang telak, namun langkah Syuu Kyi untuk menjadi pemimpin negara itu terganjal aturan konstitusi.

Presiden Myanmar Htin Kyaw (kanan) dan Aung San Suu Kyi

Presiden Myanmar Mengundurkan Diri

Digantikan oleh Wakil Presiden Myint Swe.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2018