Aljazair Kepincut Nuklir Rusia

Pembangkit nuklir terapung Rusia
Sumber :
  • Pravda.ru

VIVA.co.id – BUMN nuklir asal Rusia, Rosatom dan Komisariat Energi Atom Aljazair menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) mengenai kerja sama pengembangan energi nuklir. MoU ini ditujukan untuk membangun bentuk konkrit dari kerjasama bisnis antara Rusia dan Aljazair baik dalam aplikasi bidang energi dan nonenergi atom untuk tujuan damai.

Ternyata Rusia Gunakan Rudal Termonuklir Buat Bombardir Ibukota Ukraina

"MoU ini juga memberikan kesempatan implementasi bersama atas proyek PLTN di Aljazair yang didasari oleh teknologi Rusia, serta kerja sama di bidang siklus bahan bakar nuklir. Kemungkinan keterlibatan Aljazair dalam proyek Reaktor Cepat Serba Guna atau Multi-purpose Fast Reactor, kerja sama di bidang keselamatan dan keamanan nuklir, pendidikan nuklir dan pelatihan nuklir untuk personel, termasuk pelatihan para mahasiswa Aljazair belajar di berbagai universitas di Rusia," demikian keterangan pers Rosatom yang diterima VIVA.co.id, Sabtu, 30 April 2016.

Disampaikan Rosatom, pada bidang nonenergi, kedua pihak sepakat untuk melanjutkan diskusi dan penilaian atas proyek-proyek.

Ngeri! Viral Video Vladimir Putin Pamerkan Belasan Nuklir di Jalanan Rusia

Contohnya, seperti membangun Nuclear Science and Technology Center yang berdasarkan riset atas reaktor dengan desain Rusia, pembangunan fasilitas untuk memproduksi isotop dan penerapan radioisotop di industri Aljazair, pembangunan pusat kedokteran nuklir dan pusat iradiasi untuk meningkatkan efisiensi pertanian, dan lainnya.

"MoU ini memprediksi pembangunan roadmap bersama yang ditujukan untuk pelaksanaan program nuklir damai di Aljazair. Roadmap ini khusus digunakan untuk menentukan proyek-proyek yang saling menguntungkan dan harus dilaksanakan oleh kelompok kerja bersama ini." ujarnya. (ase)

Pasukan Rusia Arahkan Moncong Puluhan Rudal Nuklir ke Ukraina
VIVA Militer: Kondisi ibukota Ukraina, Kiev, pasca serangan rudal Rusia

Sengaja, Rusia Kirim Rudal Nuklir Buat Hancurkan Sarang Intelijen Ukraina

Intelijen Ukraina mengklaim menembak jatuh dua rudal Rusia.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024