Malaysia Jadi Pemimpin Delegasi pada Pertemuan Trilateral

Gedung Agung, DI Yogyakarta
Sumber :
  • http://www.kaskus.us

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri Malaysia YB Dato' Sri Anifah Haji Aman, melalui pernyataan resminya, mengatakan akan menjadi Pemimpin Delegasi pada Pertemuan Trilateral dengan Menteri Luar Negeri dan Panglima Angkatan Bersenjata Filipina, Malaysia dan Indonesia.

Tumpas Abu Sayyaf, Malaysia Gabung Indonesia dan Filipina

"Menteri luar negeri kami akan memimpin delegasi dalam pertemuan trilateral yang akan diadakan di DI Yogyakarta, Indonesia, tanggal 5 Mei 2016. Partisipasi ini atas undangan dari Ibu Retno LP Marsudi, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia," demikian keterangan resmi dari Kementerian Luar Negeri Malaysia, yang diterima VIVA.co.id, Rabu, 4 Mei 2016.

Kemenlu Malaysia juga menyampaikan pertemuan akan membahas upaya-upaya untuk memperkuat kerjasama dan koordinasi dalam meningkatkan keamanan maritim di perairan ketiga negara, khususnya menangani insiden penculikan dan penyanderaan.

Ini Kisah Seram yang Dialami 4 WNI Sandera Abu Sayyaf

"Kami berkomitmen untuk terus bekerjasama dengan Indonesia dan Filipina untuk memelihara perdamaian, keamanan dan stabilitas wilayah," kata Kemenlu Malaysia, dalam rilisnya.

Sebelumnya, rencana awal pertemuan ini akan dilakukan di Gedung Pancasila, Kemlu RI, Jakarta. Namun, melalui undangan resminya, diinformasikan acara akan digelar di Gedung Agung, Istana Kepresidenan DI Yogyakarta, Kamis, 5 Mei 2016.

Menlu Serahkan 4 WNI Eks Sandera Abu Sayyaf ke Keluarga

Tidak disebutkan alasan utama pemindahan lokasi pertemuan tersebut. Juru Bicara Kemlu RI, Arrmanatha Nassir, menjelaskan pertemuan dengan format two plus two plus two ini merupakan instruksi Presiden Joko Widodo kepada Menlu Retno LP Marsudi dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, untuk duduk bersama mitra.

Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryakudu.

Patroli Maritim 3 Negara Jangan Sekadar Pepesan Kosong

Filipina memegang kunci dari keberhasilan patroli bersama.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016