Truk BBM di Afghanistan Meledak, Lebih 73 Orang Tewas

Ilustrasi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Dua buah bus dan satu truk tanki bahan bakar bertabrakan di Provinsi Ghazni Afghanistan. Truk yang mengangkut tanki BBM terguling, meledak dan terbakar.

JK Ajak Ulama Indonesia Ciptakan Damai di Afghanistan

Menurut penjelasan Direktur Penanganan Lalu Lintas Provinsi Ghazni,  Mohammadullah Ahmadi, kecelakaan tersebut terjadi pada Minggu, 8 Mei 2016 sekitar pukul 06.30 waktu setempat. Selain korban tewas, sekitar 50 orang juga menderita luka-luka, terbanyak luka bakar.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Afghanistan Ismail Kawasi mengatakan, seluruh korban telah dibawa ke rumah sakit di Provinsi Ghazni. Ketiga kendaraan yang hangus juga sudah disingkirkan.

Ledakan Bom di Kabul, 95 Orang Tewas Seratusan Terluka

Seperti dikutip dari BBC, Senin, 9 Mei 2016, Ahmadi mengatakan, kecelakaan itu terjadi karena kecerobohan pengemudi. Kebanyakan korban tewas dalam kondisi hangus terbakar. 

Juru bicara Gubernur Provinsi Ghazni Jawed Salangi mengabarkan, mereka mendapat informasi, total penumpang yang berada dalam dua bus itu berjumlah 125 orang.

Relawan Kesehatan di Afghanistan Tewas Dibunuh Pasien

Menurut BBC, beberapa wilayah yang menjadi kantong kemiskinan di Afghanistan, kondisi jalan yang buruk dan hancur sering kali menjadi pemicu terjadinya kecelakaan. Ulah pengemudi juga berpengaruh, karena banyak pengemudi yang melarikan kendaraan dengan kecepatan tinggi dan mengabaikan rambu-rambu lalu lintas.

Sumber: Rumah Produktif Indonesia (RPI) / Perpustakaan NAsional (Perpusnas) RI. Penulis di posisi bawah, sedang duduk, ketiga dari kiri.

Peran G20 dalam Menyelesaikan Krisis Afghanistan  

"Pulih Bersama, Bangkit Perkasa: Gagasan Optimis dari Indonesia untuk Kebangkitan Dunia Pasca Pandemi Covid-19."

img_title
VIVA.co.id
11 November 2022