Sungai Seine Meluap, Paris Kebanjiran

Banjir besar di Prancis, meluas hingga ke pusat kota.
Sumber :
  • REUTERS/Pascal Rossignol

VIVA.co.id – Banjir di Paris diperkirakan akan mencapai puncaknya pada hari ini, Jumat, 3 Juni 2016. Tinggi air di Sungai Seine diperkirakan akan melebihi hingga enam meter dari batas normal.

Banjir di Prancis, Empat Orang Tewas dan 24 Terluka

Banjir yang terjadi di wilayah Prancis dan Jerman pekan ini telah menewaskan 11 orang dan membuat ribuan warga harus meninggalkan rumah mereka. Dilansir dari laman BBC, Jumat, 3 Juni 2016, hujan yang lebih deras juga diperkirakan akan terjadi selama akhir pekan. Banjir ini bahkan membuat Museum Louvre dan Orsay yang terkenal itu ditutup karena para staff harus memindahkan barang-barang karya seni yang tak ternilai untuk diselamatkan.

Beberapa kota di selatan Jerman terdampak banjir. Wilayah Eropa lain yang juga terpengaruh adalah Belgia dan Polandia. Presiden Prancis, Francois Hollande mengatakan cuaca di negara saat ini adalah fenomena iklim yang sangat serius dan merupakan tantangan global.

03-06-1940: Luftwaffe Jerman 'Hujani' Paris dengan Bom

Hollande berencana untuk menyatakan bencana ini sebagai bencana alam paling parah dan akan mengeluarkan dana darurat untuk mengatasinya. Di Paris sendiri, pagar darurat telah dibuat sepanjang sungai Seine yang meluap.

Bencana alam ini juga mempenagruhi operasi transportasi yang ada di negara yang terkenal dengan Menara Eiffel nya itu. Operator kereta api SNCF telah metutup jalur mereka yang berada di samping sungai Seine dekat pusat kota Paris.

Banjir Meluas, Paris Hentikan Operasi Transportasi Publik

Sekitar 25.000 warga harus bertahan tanpa adanya pasokan arus listrik sementara 3.000 orang lainnya yang telah dievakuasi dari kota Nemours.

(ren)

Prancis melakukan pertemuan darurat pada Selasa, 14 Juni 2016, usai penikaman polisi senior di Paris. Kelompok ISIS mengklaim sebagai pelaku.

Prancis Tegaskan Penikaman Polisi Aksi Terorisme

Prancis memilih siaga penuh dan memobilisasi kekuatan.

img_title
VIVA.co.id
14 Juni 2016