Abu Sayyaf Bebaskan 4 Sandera Malaysia

Ilustrasi/Daftar nama pemimpin Abu Sayyaf.
Sumber :
  • reuters.com

VIVA.co.id –  Empat kru kapal Sarawak yang diculik dari Pulau Ligitan di Sabah pada 1 April lalu, telah dibebaskan kelompok Abu Sayyaf. Keempatnya telah dipulangkan ke Sandakan, Sabah, Rabu pagi, 8 Juni 2016,  waktu setempat.

Ternyata TNI Ikut Terlibat Selamatkan 4 WNI yang Diculik Abu Sayyaf

Laporan dari Jolo menyebutkan negosiator Malaysia dan Filipina berhasil membebaskan para sandera dari kelompok militan setelah melewati serangkaian proses negosiasi. Sementara, Komisaris Polisi Sabah Datuk Abdul Rashid Harun menolak berkomentar saat dihubungi.

Keempat awak bersaudara, Wong Teck Kang dan Wong Teck Chii, sepupu mereka Johnny Lau Jung Hien dan Wong Hun Sing, merupakan awak kapal tunda yang sedang dalam perjalanan kembali ke Sarawak dari Filipina ketika kapal mereka disandera.

Anggota DPR Respons Penyelamatan 3 WNI yang Diculik Abu Sayyaf

Sebelumnya, seperti diberitakan Channel News Asia, Rabu, 8 Juni 2016, kelompok Abu Sayyaf meminta tebusan sebesar RM 30 juta untuk pembebasan sandera.

Abu Sayyaf adalah kelompok militan di Filipina. Kelompok ini kerap melakukan penculikan, bahkan pembunuhan yang bertujuan meminta uang tebusan. Beberapa bulan lalu, 10 WNI juga menjadi korban penculikan kelompok ini. Namun 10 WNI ini akhirnya dibebaskan dengan selamat.

Seorang WNI yang Diculik Abu Sayyaf Belum Diketahui Nasibnya
Ilustrasi - Karyawan memeriksa kondisi suhu envirotainer berisi bahan baku vaksin COVID-19 buatan Sinovac saat tiba di kantor Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Minggu, 20 Juni 2021.

Kaleidoskop 2021: Lonjakan COVID-19, KRI Nanggala hingga Herry Cabul

Sepanjang 2021, terjadi berbagai peristiwa yang menjadi perhatian, mulai dari lonjakan kasus COVID-19, tenggelamnya KRI Nanggala-402 hingga terkuaknya kasus asusila.

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2021