Menangkan Dukungan Delegasi, Clinton Cetak Sejarah

Hillary Clinton diantara pendukungnya.
Sumber :
  • Reuters/Carlo Barlia

VIVA.co.id –  Hillary Clinton mengucapkan terima kasih kepada pendukungnya, karena membantu mencapai momen bersejarah bagi perempuan untuk menjadi nominasi presiden dari Partai Demokrat.

Email Hillary Clinton ke Ikhwanul Muslimin Berbuntut Panjang

"Terima kasih kepada Anda. Berkat Anda semua, kami telah mencetak sejarah," kata Clinton di hadapan massa pendukungnya di New York, seperti dilansir dari BBC, Rabu, 8 Juni 2016. Ia mengatakan, ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah bangsa Amerika bahwa seorang perempuan akan menjadi kandidat dari sebuah partai besar.

Sebelumnya, Clinton memenangkan pemilihan pendahuluan Partai Demokrat di New Jersey, yang semakin memperkuat langkahnya sebagai nominasi dari partai tersebut. Selanjutnya, ia memenangkan pemilu di South Dakota dan New Mexico, sementara saingannya, Bernie Sanders meraih kemenangan di North Dakota.

Akhirnya Hillary Clinton Dukung Joe Biden Lawan Trump di Pemilu AS

Hingga saat ini, enam negara bagian telah memberikan suara dalam pemilihan pendahuluan, namun pemilu di California nantinya yang akan memberikan kontribusi besar bagi para kandidat Presiden AS ini. Sanders kemudian mengharapkan kemenangan di negara-negara bagian itu.

 Sanders ingin mempengaruhi para delegasi agar mendukungnya, ketimbang Clinton dalam konvensi partai pada bulan Juli nanti. Namun, para ahli mengatakan, Senator Vermont itu tidak akan mungkin berhasil dalam upayanya memperoleh nominasi. Beberapa media pada awal pekan mengumumkan Clinton telah memiliki cukup delegasi untuk memenuhi syarat sebagai calon presiden dari Partai Demokrat.

Michelle Obama Rebut Gelar Hillary Clinton di AS
Hillary Clinton

Hillary Clinton Usul Electoral College Dihapus dari Pemilu AS

Hillary Clinton kalah dengan sistem electoral college saat pemilu presiden AS pada 2016 lalu, padahal menang suara populer.

img_title
VIVA.co.id
15 Desember 2020