13-06-1944: Roket V-1 Jerman Gagal 'Bersihkan' Inggris

Roket V-1 buatan Nazi Jerman.
Sumber :
  • school-history-tours.co.uk

VIVA.co.id – Hari ini 72 tahun silam. Nazi Jerman meluncurkan senjata teranyarnya, roket V-1 (V dari Vergeltung atau Pembalasan), sebanyak 10 kali untuk meluluhlantakkan Ibu kota Inggris, London, dekat pantai Channel, wilayah selatan negeri itu.

Seperti Jakarta, Ratusan Pelajar di London Juga Tawuran

Namun sayang, roket tersebut gagal menghancurkan Inggris sesuai harapan Adolf Hitler. Mengutip situs History, roket ini berbentuk pesawat tanpa awak yang dilengkapi bahan peledak. Pada kenyataannya, V-1 justru sering tak mengenai sasaran.

Inggris pun bergerak cepat. Berkat bantuan dari Angkatan Udara Amerika Serikat, Inggris berhasil menemukan dan menghancurkan pangkalan peluncuran V-1 di sepanjang pantai Prancis.

16-9-1932: Aksi Mogok Makan Mahatma Gandhi

Sontak, serangan balik Inggris dan kegagalan kinerja V-1 membuat Hitler putus asa. Kemudian, pasukan Sekutu yang sudah masuk ke tanah Prancis mulai mendekati ibu kota Paris.

Sementara di utara, pasukan Uni Soviet juga mulai merangsek mendekati Berlin, ibu kota Jerman. "Hujan" roket Jerman pun terhenti ke London.

Inggris Pengekspor Senjata Terbesar Kedua di Dunia

Andaikata, serangan V-1 terjadi setahun sebelumnya, bisa jadi Operation Overlord tidak bisa dilaksanakan sesuai rencana. Operasi resmi digelar pada awal Juni 1944, atau lebih terkenal dengan D-Day.

Suster Pauline Cafferkey saat berdinas di Afrika Selatan.

Terinfeksi Ebola, Suster Inggris Kembali Masuk Rumah Sakit

Ia demam tinggi, dan dikawal polisi secara khusus

img_title
VIVA.co.id
6 Oktober 2016