16-06-1963: Soviet Berhasil Kirim Wanita ke Luar Angkasa

Kosmonot Soviet Valentina Tereshkova.
Sumber :
  • en.wikipedia.org

VIVA.co.id – Hari ini 53 tahun silam. Kosmonot Uni Soviet, Valentina Tereshkova (26 tahun) menjadi wanita pertama di dunia yang melakukan perjalanan ke luar angkasa dengan menggunakan pesawat ulang-alik Vostok 6.

Membandingkan Kehidupan di Uni Soviet dan Rusia Pada Masa Perang

Ia berhasil mengorbit 71 jam atau sekitar tiga hari, untuk kemudian kembali ke bumi. Tereshkova juga berhasil menghabiskan lebih banyak waktu di ruang angkasa ketimbang semua astronaut AS.

Melansir situs History, keberhasilan Tereshkova merupakan bagian dari pertarungan antara Uni Soviet dan Amerika Serikat pada 1960-an dalam mencatatkan diri sebagai negara pertama yang mengirim warga negaranya ke luar angkasa.

8 Fakta Menarik Ukraina yang Menjadi Negara Terluas di Eropa

Tereshkova sendiri berada di bawah pengawasan Yuri Gagarin, kosmonot pertama dunia yang berhasil mengelilingi bumi pada 1961.

Setelah penerbangan bersejarah ini, Tereshkova menerima Order of Lenin dan Hero of the Soviet Union. Pada November 1963, ia menikah dengan sesama kosmonot bernama Andrian Nikolayev.

Bagaimana Penindasan Soviet Memupuk Benci Rakyat Ukraina pada Rusia

Pada 1966, Tereshkova menjadi anggota Parlemen Nasional Uni Soviet dan wakil Soviet di organisasi internasional, khususnya pemberdayaan perempuan.

Setelah pembubaran kelompok pertama kosmonot perempuan pada tiga tahun kemudian, Tereshkova fokus di Partai Komunis Uni Soviet serta memegang berbagai jabatan strategis politik.

Sementara, Amerika Serikat sendiri baru mengirimkan astronaut wanita pertamanya pada 1983 bernama Sally Ride, seorang fisikawan, dengan penerbangan pesawat ulang-alik Challenger.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya