Soal Laut China Selatan, Duterte Berharap Dukungan AS

Rodrigo Roa Duterte, mantan Wali kota Davao yang kini menjadi Presiden Filipina.
Sumber :
  • reuters.com

VIVA.co.id –  Presiden terpilih Filipina, Rodrigo Duterte, tampaknya sedang mencari sekutu untuk mendukung negaranya terkait dengan masalah dan ketegangan sengketa di wilayah Laut China Selatan. Pasalnya ia mengaku telah bertanya kepada Duta Besar Amerika Serikat mengenai dukungan tersebut.

Duterte Menolak Minta Maaf Atas Kematian dalam Perang Antinarkoba

Dilansir dari laman Arab News, Rabu, 22 Juni 2016, pria yang akan dilantik pada akhir Januari tersebut bertanya kepada Dubes Philip Goldberg mengenai kemungkinan negara AS memberikan dukungan mereka dalam kasus tersebut. "Apakah AS akan bersama (mendukung) kami atau tidak," kata Duterte.

Menjawab pertanyaan tersebut, Dubes Goldberg menegaskan bahwa negaranya akan mendukung Filipina. Namun dukungan tersebut baru akan diberikan jika memang Filipina diserang oleh negara pengklaim lainnya seperti China. "Hanya jika Anda diserang," kata Goldberg.

Gagal Capai Target Vaksinasi COVID-19, Duterte Ancam Hukum Pejabat

Sebuah perjanjian pertahanan antara Filipina dengan AS tahun 1951 mengatakan, setiap negara akan melakukan aksi atau respon jika salah satunya diserang. Sudah terdapat pertanyaan lama dari Filipina mengenai hal tersebut kepada AS terkait dengan masalah LCS ini.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri China mengaku sangat menyayangkan langkah yang diambil negara Filipina untuk menyelesaikan masalah sengketa LCS dengan jalur pengadilan arbitrase. China berpendapat, permasalahan ini bisa dan harus diselesaikan dengan cara negosiasi tanpa adanya pihak ketiga.

Duterte Usul Warga yang Tak Mau Divaksin Disuntik Saat Tidur

(mus)

BBC Indonesia

Pilpres Filipina, Siapa Saja Kandidatnya dan Apa Isu Utamanya?

Pemilihan Presiden Filipina, yang digelar Mei 202, bakal menjadi kontroversial karena para kandidat utamanya terdiri dari anak presiden Duterte, putri eks diktator Marcos, serta petinju terkenal Manny Pacquaiao.

img_title
VIVA.co.id
10 Februari 2022