Korea Utara Yakin Bisa Serang AS

Keberhasilan uji coba rudal Musudan membuat Kim Jong-un jemawa bisa kalahkan AS.
Sumber :
  • Reuter/KCNA

VIVA.co.id – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, mengatakan tes rudal terbaru negaranya menunjukkan kemampuan untuk menyerang Amerika Serikat. Ia memberikan pernyataan usai dilakukannya dua tes rudal jarak menengah Musudan pada Rabu lalu.

Rudal Korea Utara Lintasi Langit Jepang

"Ini adalah peristiwa besar untuk memperkuat kapasitas serangan nuklir Korea Utara. Kami yakin memiliki kemampuan untuk menyerang AS di Pasifik secara menyeluruh dari berbagai posisi," kata Kim, seperti dilansir dari laman BBC, Kamis, 23 Juni 2016.

Media resmi pemerintah Korea Utara, KCNA, melaporkan bahwa tes telah berhasil dilakukan tanpa membahayakan negara-negara sekitarnya.

Korut Uji Coba Rudal Lagi, 'Peringatan Keras' untuk AS

Tes rudal Musudan diyakini bisa menjangkau hingga jarak 4.000 km, di mana jarak tersebut cukup jauh untuk dapat menyentuh wilayah AS dan pangkalan militer mereka di Guam.

"Rudal Musudan menyediakan jaminan untuk mengembangkan sistem strategi senjata," kata KCNA. Sementara itu, Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, mengatakan tes rudal tersebut adalah pelanggaran yang disengaja dan sangat serius dari Korea Utara.

PBB Pertimbangkan Penguatan Sanksi Terbaru Korea Utara

Sebelumnya, negeri Tirai Besi itu sudah meluncurkan empat tes rudal Musudan dan berujung pada kegagalan pada tahun ini.

Hal itu merupakan sebuah kemunduran karena Korea Utara merancang program senjata yang pada akhirnya bertujuan untuk mengembangkan kemampuan nuklir terhadap Amerika Serikat. (ase)

Ilustrasi gempa di Semenanjung Korea

Kala Bom Hidrogen Korut Getarkan Bumi

Termasuk senjata pemusnah massal. Jauh lebih kuat dari bom atom.

img_title
VIVA.co.id
5 September 2017