Merkel: Inggris Tak Mungkin Rujuk dengan Uni Eropa

PM Inggris David Cameron dan Kanselir Jerman Angela Merkel menjelang pertemuan puncak pemimpin Uni Eropa, Rabu, 29 Juni 2016.
Sumber :
  • REUTERS/Francois Lenoir

VIVA.co.id – Kanselir Jerman Angela Merkel melihat keputusan Inggris untuk keluar dari Uni Eropa sudah mantap. Ia meminta Uni Eropa melihat realitas.

UE Setop Pasokan, Rusia: Harga Minyak Bakal di Atas US$300 Per Barel

Kanselir Jerman Angela Merkel melihat tak ada lagi kemungkinan Inggris akan bergabung dengan Uni Eropa. Menurut Merkel, ia tak melihat adanya keinginan Inggris untuk merevisi keputusannya  meninggalkan Uni Eropa. Pernyataan tersebut disampaikan Merkel saat berbicara di hari pertama pertemuan puncak pimpinan Uni Eropa.

Merkel menggambarkan percakapannya dengan Perdana Menteri Inggris yang sudah memutuskan untuk mundur, David Cameron, sebagai pembicaraan yang serius, namun penuh persahabatan. Menurut Merkel, ini bukan saat yang tepat untuk kecewa dan marah. Namun, Uni Eropa harus bersedia berdamai dengan situasi ini dan bukan mengonfrontasinya.

Uni Eropa Diminta Menanggung Biaya Pengungsi Ukraina

"Malam ini saya ingin menyampaikan dengan sangat jelas bahwa saya tak melihat adanya jalan untuk mengembalikan ini semua," ujarnya saat ditanya kemungkinan Inggris membatalkan Brexit. "Kita semua perlu melihat realitas dari situasi ini. Ini bukan waktu yang tepat untuk berangan-angan," ujarnya seperti dikutip dari Reuters, Rabu, 29 Juni 2016.

Inggris menggelar referendum pada Kamis, 23 Juni 2016. Dari sekitar 30 juta warga Inggris yang berpartisipasi dalam pemilihan tersebut, 52 persen di antaranya memilih Brexit, atau keluar dari Uni Eropa. Kebijakan Uni Eropa soal imigran diduga menjadi pemicu utama yang membuat rakyat Inggris memutuskan keluar.

Ukraina Minta Masuk Uni Eropa, Slovenia Dukung Diproses Cepat
VIVA Militer: Kanselir Jerman, Angela Merkel

7 Fakta Angela Merkel Perdana Menteri Jerman, Nomor 7 Bikin Kaget

Fakta Angela Merkel Perdana Menteri Jerman. memiliki nama lengkap Angela Dorothea Kasner, lebih dikenal sebagai Angela Merkel, lahir di Hamburg, Jerman Barat.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2022