Data Kotak Hitam EgyptAir Berhasil Diunduh

Kotak hitam EgyptAir berhasil diperbaiki dan siap diselidiki.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Komite Penyelidik Mesir telah berhasil mengunduh data dari salah satu kotak hitam penerbangan EgyptAir MS804 dan akan segera melakukan analisis. Hasil penyelidikan diharapkan bisa memecahkan misteri jatuhnya  pesawat tersebut.

Kotak Hitam EgyptAir Berhasil Diperbaiki

Pesawat jenis Airbus A320 itu jatuh ke Laut Mediterania timur dalam perjalanan dari Paris ke Kairo pada 19 Mei lalu. Insiden itu menewaskan 66 penumpang di dalamnya. Penyebab kecelakaan masih belum diketahui hingga penyidik selesai menganalisis black box atau kotak hitam.

Menurut Komite Investigasi Kecelakaan Pesawat Mesir seperti diberitakan Reuters, Kamis, 30 Juni 2016 , informasi awal menunjukkan bahwa seluruh penerbangan tercatat di FDR sejak pesawat lepas landas dari Bandara Charles de Gaulle Paris, sampai rekaman berhenti di ketinggian 37.000 kaki, di mana kecelakaan itu terjadi.

Kotak Hitam EgyptAir Selesai Diperbaiki

"Data yang terekam menunjukkan adanya asap dari ruang avionik dan WC. Pesawat ini sebelumnya mengirimkan serangkaian peringatan yang menunjukkan bahwa asap telah terdeteksi di badan pesawat," kata pihak Komite.

Selain itu, Komite Investigasi juga mengatakan beberapa reruntuhan yang ditemukan menunjukkan adanya tanda-tanda kerusakan akibat suhu pesawat yang cukup tinggi. Hal ini merupakan tanda fisik yang mendukung bukti bahwa api telah terdeteksi di badan pesawat. Kendati demikian, pihak komite menjelaskan bahwa temuan ini perlu dianalisis lebih lanjut untuk menemukan sumber dan alasan yang lebih jelas.

Kotak Hitam EgyptAir Mulai Diperiksa
Pesawat EgyptAir.

Puing Pesawat Ditemukan di Israel, Diduga Milik EgyptAir

Puing pesawat tersebut diserahkan ke pemerintah Mesir.

img_title
VIVA.co.id
8 Juli 2016