08-07-1994: Pendiri Korea Utara Meninggal Dunia

Kim Il Sung
Sumber :
  • www.stuff.co.nz

VIVA.co.id – Hari ini 22 tahun silam. Kim Il Sung, diktator komunis Korea Utara yang memimpin sejak 1948 meninggal dunia akibat serangan jantung di usia ke 82 tahun.

Tentara Amerika Serikat Nyelonong Masuk ke Korea Utara, Kok Bisa?

Melansir situs History, perjuangan Kim menjadi pemimpin Korea Utara bermula dari 1930. Kala itu, ia berjuang melawan pendudukan Jepang.

Namun, sisi lain, ketokohan Kim membuat Uni Soviet kepincut untuk merekrutnya menjadi sekutu. Tak pelak, ia belajar pelatihan militer dan politik di sana.

Korut Hukum Balita Penjara Seumur Hidup karena Kitab Suci

Kim akhirnya menjadi seorang komunis dan berjuang dalam Perang Dunia II. Lalu, pada 1948, Kim menjadi pemimpin pertama sekaligus pendiri Republik Demokratik Rakyat Korea Utara.

Berharap untuk menyatukan kembali Korea dengan kekerasan, Kim melancarkan invasi ke Korea Selatan pada Juni 1950. Hal inilah memicu Perang Korea yang berakhir dengan gencatan senjata pada 1953 hingga kini.

Putri Misterius Kim Jong Un Kembali Temani sang Ayah di Depan Publik, Resmi Jadi Penerus Tahta?

Selama empat dekade, Kim memimpin negaranya menjadi terisolasi dan hubungan dengan Korea Selatan tetap tegang. Korea Utara menyebutnya sebagai "Pemimpin Besar", dan terus berkuasa sampai ajal menjemputnya.

Anak-anak SD Korea Utara

Viral Anak-anak di Sekolah Korea Utara Nyanyikan Lagu Nasional Indonesia: Halo-halo Bandung.....

Didirikan pada 1 September 1966, sekolah tersebut telah jadi unggulan di Korea Utara, sering kali mendapatkan penghargaan atas prestasinya di bidang musik dan seni suara.

img_title
VIVA.co.id
24 Januari 2024