Perkuat Kerja Sama Ekonomi, 'Kadin' India Sambangi Indonesia

Pertemuan misi dagang India dan pebisnis Indonesia di Jakarta.
Sumber :
  • Indian Embassy Jakarta

VIVA.co.id – Presiden Konfederasi Industri India (Confederation of Indian Industry/CII), Naushad Forbes, akan berkunjung ke Indonesia pada 18-19 Juli 2016. Ia memimpin rombongan CII yang membawa delegasi chief executive officer (CEO) India ke Jakarta.

Waspadai Dampak Ekonomi Politik atas Serangan Iran ke Israel

Kunjungan selama dua hari ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan ekonomi antara kedua negara, mengingat besarnya potensi yang memiliki peluang besar namun belum dimanfaatkan.

Kunjungan juga dimaksudkan untuk menindaklanjuti dari diskusi yang diadakan selama kunjungan Menteri Perhubungan Indonesia Ignasius Jonan ke India pada Februari 2016.

7 Negara Ekonomi Terbesar di Dunia Tahun 2050, Peringkat Indonesia Gak Main-main!

Forbes mengatakan, terdapat potensi besar untuk memperluas perdagangan antara kedua negara di bidang komponen otomotif, mobil, produk rekayasa, IT, farmasi, bioteknologi, dan sektor kesehatan.

Ia melanjutkan, kedua negara saat ini sedang berjuang untuk membuat transformasi sosial-ekonomi, terutama melalui inisiatif ekonomi baru.

BI Sebut Perlambatan Ekonomi 2024 Dipengaruhi Negara-negara Eropa dan China

"Indonesia dengan perekonomian terbesar di ASEAN dapat meminjamkan daya tariknya untuk kepentingan Undang-Undang Kebijakan Timur India (Look East)," kata Forbes, melalui keterangan persnya, Jumat, 15 Juli 2016.

Indonesia dan India memiliki nilai perdagangan sebesar US$15,9 miliar yang kemudian menjadikan Indonesia sebagai mitra dagang terbesar India.

"Para pemimpin dari kedua negara memiliki visi strategis dan bahwa kunjungan tersebut sangat tepat untuk meningkatkan keterlibatan ekonomi kedua negara," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya