Indonesia Didorong Tingkatkan Mutu Pendidikan

Ilustrasi/siswa Sekolah Dasar.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Orish Blake Jr., menilai, sebagai anggota G-20 Indonesia merupakan salah satu negara yang dapat membantu melestarikan dan meningkatkan tatanan ekonomi liberal.

Amerika Serikat Sita 13 Ton Rambut Impor dari Xinjiang

Salah satu faktor yang mendukung pencapaian itu adalah meningkatkan mutu pendidikan.

Sebagai negara dengan perekonomian terbesar di ASEAN, Blake mengakui bahwa hingga kini perdagangan dan perekonomian di Indonesia semakin terbuka, terutama dengan negara-negara Barat.

Update Corona di Dunia: 10,1 Juta Orang Terpapar, 502.998 Meninggal

Menurut Blake, Indonesia semakin memahami bahwa perdagangan bebas akan meningkatkan daya saing tenaga kerja Indonesia dan menciptakan lapangan kerja baru.

"Untuk mendorong perekonomian dan kemajuan Indonesia, pendidikan merupakan faktor utama kompetisi secara global. Indonesia perlu meningkatkan kapasitas dan kualitas pendidikan di semua tahapan," kata dia, dalam acara Farewell Lecture, di Jakarta, Senin 18 Juli 2016.

Amerika Serikat Batasi Visa bagi Pejabat China

Ia menambahkan, Indonesia memiliki alokasi dana yang cukup besar untuk mendukung kemajuan sektor pendidikan. Pemanfaatan alokasi dana tersebut, lanjut Blake, harus digunakan dengan bijak dan transparan.

Dengan pendidikan yang maju, ke depan, Indonesia akan siap memasuki area baru dalam bidang digital, ekonomi kreatif, energi terbarukan, komunikasi dan teknologi informasi.

Ilustrasi pistol.

Anak 8 Tahun Tewas Akibat Penembakan di Mal Alabama AS

Tiga orang lainnya terluka dalam penembakan tersebut.

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2020