Ini Dia Calon Dubes AS di Indonesia

Calon Dubes AS untuk Ri, Joseph R. Donovan, Jr (kiri) dengan mantan Presiden Taiwan, Ma Ying-jeou.
Sumber :
  • https://diplopundit.net

VIVA.co.id – Presiden Amerika Serikat Barack Obama telah menominasikan calon pengganti Robert Orish Blake Jr., sebagai Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia yang berakhir pada akhir bulan ini.

Anak 8 Tahun Tewas Akibat Penembakan di Mal Alabama AS

Ia adalah Joseph R. Donovan Jr. Sementara itu, Blake mengakhiri masa tugasnya di Indonesia sekitar 3,5 tahun dan akan kembali ke AS.

"Saya yakin bahwa tokoh berpengalaman dan pekerja keras ini akan membantu kita mengatasi tantangan penting yang dihadapi Amerika. Saya juga berterima kasih dan berharap kerja sama dapat berlanjut," kata Obama, seperti dilansir dari situs Whitehouse.gov, Selasa, 19 Juli 2016.

Amerika Serikat Sita 13 Ton Rambut Impor dari Xinjiang

Meski telah dinominasikan, namun penempatan Donovan masih akan menunggu selama beberapa bulan ke depan. Pasalnya, keputusan tersebut masih harus melewati proses dan persetujuan Kongres AS.

Jabatan terakhir Donovan sebagai Managing Director Washington Office di American Institute di Taipei, Taiwan. Di sana ia menjabat sejak 2014.

Update Corona di Dunia: 10,1 Juta Orang Terpapar, 502.998 Meninggal

Diplomat Kementerian Luar Negeri AS ini sebelumnya pernah menjabat sebagai penasihat kebijakan luar negeri untuk Kepala Staf Militer Pentagon periode 2012-2014.

Donovan juga mengajar di Universitas Pertahanan Nasional di Washington, AS, pada 2011-2012.

Untuk urusan diplomasi, Donovan pernah menjabat sebagai Konsul Jenderal AS di Hong Kong pada 2008-2009, Wakil Dubes AS untuk Tokyo, Jepang pada 2005-2008, serta Direktur Khusus China dan Mongolia untuk AS.

Sebelum bergabung dengan Kemlu, Donovan pernah terlibat sebagai relawan Korps Perdamaian di Seoul, Korea Selatan. Soal pendidikan, ia meraih gelar Sarjana dari Georgetown University's School of Foreign Service dan Magister dari US Naval Postgraduate School. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya