Kontingen Garuda di Afrika Tengah Terima Medali PBB

Prajurit TNI terima medali penghargaan dari PBB. Medali ini disematkan Perwakilan Khusus PBB untuk Afrika Tengah Parfait Onanga-Anyanga.
Sumber :
  • Humas TNI

VIVA.co.id – Prajurit TNI yang tergabung dalam Kontingen Garuda untuk misi perdamaian di Afrika Tengah mendapatkan penghargaan medali dari Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations. Penghargaan diberikan atas kerja sama Kontingen Garuda dalam Multidimensional Integrated Stabilization Mission in Central Africa Republic atau Minusca.

Pesan Sakral Panglima Yudo Saat Melepas 850 Pasukan Batalyon Gerak Cepat TNI ke Kongo

Upacara penyematan medali atau UN Medal Parade ini digelar di bawah pimpinan Letkol Czi Denden Sumarlin, selaku Komandan Satgas, di Lapangan Upacara Garuda Camp, Mpoko, Bangui, Afrika Tengah, Kamis, 21 Juli 2016.
 
Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah United Nations Special Representative for the Central African Republic sekaligus Kepala Minusca, Parfait Onanga Anyanga. Sementara Mayor Czi Eko Cahyo Setiawan, yang sehari-hari menjabat sebagai Wakil Komandan Satgas, bertindak sebagai komandan upacara.
 
Parfait Onanga Anyanga menyerahkan medali secara simbolis kepada komandan dan wakil komandan satgas, serta perwakilan personel TNI Kontingen Garuda di Minusca.
 
Parfait Onanga Anyanga dalam sambutannya mengucapkan selamat atas penyematan medali. “Terima kasih kepada negara Indonesia melalui Penasehat Militer Perwakilan Tetap Republik Indonesia di New York, UN Headquater Brigjen TNI Jamaludin yang juga turut hadir dalam upacara ini,” katanya dalam siaran pers yang diterima VIVA.co.id dari TNI, Jumat, 22 Juli 2016.
 
Parfait Onanga Anyanga pun menyampaikan apresiasi atas partisipasi Indonesia dalam membantu mewujudkan perdamaian di Afrika Tengah, yang sedang diselimuti konflik antar kelompok bersenjata selama beberapa tahun terakhir.
 
Setelah penyematan medali, acara dilanjutkan dengan pertunjukan atraksi demonstrasi, goyang gemu famire bersama, sesi foto dan diakhiri acara ramah tamah.
 
Turut hadir dalam Upacara UN Medal Parade tersebut, para pejabat Minusca seperti Deputy Force Commander, Chief of Staff, Ketua Kontingen Indonesia di Minusca, Kolonel Czi IGBN Tedja Sukma Eka Putra, para Komandan Kontingen UN yang berada di Minusca, serta perwakilan Menteri Pertahanan Afrika Tengah.

VIVA Militer: Irjen TNI Laksdya TNI Dadi periksa kesiapan Satgas Monusco Konga

Operasi Perdamaian Dunia, Mabes TNI Akan Kirim 1.025 Prajurit Pilihan ke Kongo

Mereka akan menjalani operasi selama satu tahun di Republik Demokratik Kongo

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024