Pasukan Garuda Peringati HUT Kemerdekaan RI ke-71 di Sudan

Pasukan Garuda menggelar upacara HUT Kemerdekaan RI ke-71 tahun 2016 di Sudan.
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA.co.id – Pasukan Garuda yang tergabung dalam Satgas Batalyon Komposit Konga XXXV-B/Unamid (United Nations Mission In Darfur) atau Indonesian Battalion (Indobatt-02) menggelar upacara dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-71 tahun 2016 di Markas Indobatt-02, Supercamp, El-Geneina, Darfur Barat, Sudan, Rabu, 17 Agustus 2016.

HUT ke-77 RI, Kaum Ibu Pakai Gamis untuk Gerak Jalan

Pasukan di bawah pimpinan Letkol Inf Singgih Pambudi Arinto, melangsungkan upacara dengan khidmat dan sederhana. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Force Commander Chief of Staff Unamid, Brigjen TNI Karmin Suharna dengan Komandan Upacara Mayor Inf Moh. Mulyono.

Pasukan Garuda menggelar upacara HUT Kemerdekaan RI ke-71 tahun 2016 di Sudan.

Viral, Warga Panjat Tiang Perbaiki Bendera Saat Upacara HUT RI ke-74

Pelaksanaan Upacara 17 Agustus di Darfur merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan yang digelar oleh Satgas Indobatt-02 yang tengah bertugas sebagai pasukan perdamaian PBB di Darfur-Sudan, dimana sehari sebelumnya telah menggelar kegiatan bhakti sosial membagikan Alquran, baju batik dan alat tulis di daerah Abuzar, Darfur Barat-Sudan.

Dalam amanat Kasum TNI Laksdya TNI Didit Herdiawan, yang dibacakan oleh Brigjen TNI Karmin Suharna, bahwa bangsa Indonesia membutuhkan orang-orang yang mau rela berkorban untuk Tanah Air, dan menyampaikan rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh prajurit yang telah melaksanakan tugas dengan baik, penuh dedikasi dan tanggung jawab.

Hadirilah Pagelaran Wayang Golek 'Dasamuka Pejah'

Usai pelaksanaan upacara, acara dilanjutkan dengan demonstrasi pembebasan sandera oleh Tim QRF (Quick Reaction Force) Satgas Indobatt-02. Dalam demonstrasi ini disimulasikan bahwa telah terjadi penculikan kepada warga sipil oleh kelompok teroris. Secara cepat dan tepat, Tim QRF dapat melumpuhkan dan membebaskan sandera dari kawanan teroris tersebut, sontak demonstrasi ini mendapatkan sambutan meriah dari para tamu undangan.

Pasukan Garuda menggelar upacara HUT Kemerdekaan RI ke-71 tahun 2016 di Sudan.

Selain menampilkan demonstrasi pembebasan sandera, Pasukan Garuda juga menampilkan Tari Gaba-Gaba, seperti diketahui bahwa selain bertugas sebagai Pasukan Perdamaian PBB, Satgas Indobatt-02 juga aktif dalam memperkenalkan budaya asli Indonesia di Darfur-Sudan.

Acara perayaan semakin meriah dengan adanya Lomba Balap Karung yang ikut melibatkan perwakilan dari para masing-masing TCC (Troops Contributing Country), seperti Bangladesh, Burkina Faso, Nigeria, Pakistan dan Indonesia, tak heran banyak tamu undangan ikut serta ambil bagian dalam perlombaan ini.

Perayaan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 tahun 2016 di Darfur- Sudan ditutup dengan pertunjukan Tari Maumere, di mana seluruh peserta upacara dan tamu undangan berbaur menjadi satu di lapangan Markas Indobatt-02, Supercamp, El-Geneina, Darfur Barat, Sudan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya