Bolivia Buka Sekolah Militer 'Anti-imperialis'

Presiden Bolivia Evo Morales
Sumber :
  • REUTERS/David Mercado

VIVA.co.id – Presiden Bolivia Evo Morales membuka sekolah militer. Sekolah militer ini punya tujuan khusus, yaitu ‘anti-imperialis.’ Saat memberikan sambutan, Presiden Bolivia mengatakan, sekolah militer anti-imperialis tersebut akan mengajarkan doktrin-doktrin untuk melawan kebijakan AS yang seringkali berbasis ‘ketakutan.’ 

Senator Cantik Jeanine Anez Gantikan Evo Morales Jadi Presiden Bolivia

"Amerika membuat sekolah bagi warganya untuk melakukan indoktrinasi kekuatan militer agar pro-imperialisme," ujar Morales, saat melakukan peresmian sekolah tersebut, Rabu, 17 Agustus 2016. 

Ia merujuk pada akademi militer AS era Perang Dingin yang mengajarkan warga Amerika Latin untuk menjadi diktator dan mengajarkan militer mereka kontra-pemberontakan dan teknik penyiksaan.

Usai Dipaksa Mundur, Eks Presiden Bolivia Evo Morales Kabur ke Meksiko

"Jika penguasa mengajarkan kita untuk mendominasi dunia melalui sekolah militer mereka, kita akan belajar dari sekolah ini untuk membebaskan diri kita dari tekanan imperial," ujarnya seperti dikutip Reuters, 18 Agustus 2016.

Morales telah lama mengkritisi kebijakan luar negeri AS. Ia adalah salah satu pemimpin kiri yang masih bertahan di Amerika Selatan, yang sebelumnya didominasi oleh kelompok kiri pro rakyat. Awal pekan ini ia melakukan perjalanan ke Kuba untuk bertemu Fidel Castro, pemimpin revolusioner yang sedang merayakan ultah ke-90 tahun.

Ngebet jadi Presiden, ke Bolivia Saja

Sekolah militer yang dibuat akan berlokasi di sebelah timur Bolivia, di bekas lokasi training tentara penjaga perdamaian PBB. Sekitar 200 taruna akan belajar soal sejarah, geopolitik, dan strategi militer. Menurut pemerintah, sekolah akan dibuka untuk siapa saja yang berasal dari negara Amerika Latin, termasuk Venezuela, Nikaragua, dan Kuba.

Jeanine Anez mendekalarasikan diri menjadi Presiden Bolivia

Mantan Presiden Bolivia Anez Coba Bunuh Diri di Penjara

Mantan presiden Bolivia Jeanine Anez melukai diri sendiri selagi di penjara dengan menyayat bagian lengannya, kata pengacaranya.

img_title
VIVA.co.id
22 Agustus 2021