Obama Jadi Presiden AS Pertama Kunjungi Laos

Presiden Amerika Serikat Barack Obama
Sumber :
  • REUTERS/Jonathan Ernst

VIVA.co.id – Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan mengunjungi Vientiane, Laos, pada September 2016. Ini merupakan kali pertama bagi seorang Presiden AS mengunjungi salah satu negeri Indochina tersebut.

Resmi Dilantik, Joe Biden Serukan Persatuan dan Akhiri Perang

"Presiden Obama akan menjadi Presiden AS pertama yang mengunjungi Laos," kata Juru Bicara Gedung Putih, Josh Earnest, mengutip situs Channel News Asia, Jumat, 19 Agustus 2016.

Kunjungan Obama ke Laos adalah bagian dari lawatan kenegaraan yang dimulai pada 2-9 September, yang didahului dengan pertemuan puncak Konferensi Tingkat Tinggi Negara 20 (KTT G-20) di Hangzhou, China, pada 4-5 September.

Warga Indonesia di AS Ikut Waswas Jelang Pelantikan Joe Biden

Earnest mengatakan, Obama telah membuat ‘poros’ yang menjadi pilar kebijakan luar negeri AS.

"Bulan September mungkin akan menjadi perjalanan dinas Obama terakhir sebelum mundur menjadi presiden setelah delapan tahun memimpin AS," ungkapnya.

Barack Obama Klaim AS Kini Lebih Terpecah-Belah

Seperti diketahui, Laos menjadi Ketua ASEAN dan Obama akan berpartisipasi dalam KTT Asia Timur yang digelar pada 6-8 September.

Dalam pertemuan itu bakal berkumpul negara kekuatan regional utama seperti China, Jepang, Korea Selatan, Australia dan Rusia.

Sementara di KTT G-20, Earnest menyatakan bahwa Obama juga akan mengadakan ‘pertemuan mendalam’ dengan Presiden China, Xi Jinping.

"Kedua pemimpin negara adidaya ini akan membahas berbagai macam isu global, regional, dan bilateral," jelas Earnest.

Pada Juni lalu di Beijing, Obama dan Jinping sempat ‘bersitegang’ soal hak asasi manusia dan ekspansi China di Laut China Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya