Korut Eksekusi Mati 2 Pejabat Negara

Tentara Korea Utara berjaga saat perayaan ke-70 tahun Partai Pekerja di Pyongyang, Korea Utara, Sabtu, 10 Oktober 2015.
Sumber :
  • REUTERS/Damir Sagolj

VIVA.co.id – Korea Utara mengonfirmasikan telah mengeksekusi dua pejabat negara pada awal Agustus karena "melawan perintah" pemimpin Kim Jong-un.

5 Fakta Unik Kim Jong-Un Saat Traveling, Bawa Toilet Pribadi

Mengutip sumber anonim yang akrab dengan Korea Utara, Harian JoongAng Ilbo, dilansir situs Reuters, Selasa, 30 Agustus 2016, Menteri Pertanian Hwang Min dan Menteri Pendidikan Ri Yong Jin, telah dieksekusi secara brutal.

JoongAng Ilbo menyebut kedua pejabat negara itu dieksekusi mati dengan senjata antipesawat yang ditembakkan di sebuah akademi militer di ibu kota Pyongyang.

Kim Jong Un Bawa Toilet Pribadi Saat Berkunjung ke Korsel

Hwang dihukum mati lantaran usulan kebijakannya dipandang berseberangan dengan Jong-un. Sementara, Ri tertangkap tangan sedang tertidur selama pertemuan dengan Kim, yang kemudian diselidiki atas dugaan korupsi dan menunjukkan rasa tidak hormat kepada pemimpin agung.

Laporan ini belum dapat diverifikasi secara independen. Namun, Kementerian Unifikasi Korea Selatan, yang menangani masalah-masalah Korea Utara, juga enggan memberikan komentar.

Jaksa Agung Ungkap Kendala Eksekusi Mati Bandar Narkoba

Negeri Tirai Besi itu pun sebenarnya jarang mengumumkan eksekusi. Sebelumnya, orang ketiga di lingkaran Kim Jong-un, Jang Lagu Thaek, telah dieksekusi pada 2012 atas tuduhan kejahatan merusak perekonomian.

Kemudian, mantan Menteri Pertahanan Hyun Yong Chol, juga diyakini telah dieksekusi tahun lalu karena pengkhianatan.

Rakyat Korea Utara Peringati 6 Tahun Kematian Kim Jong Il.

Tragisnya Perwira Korut Murah Hati Diberondong 90 Butir Peluru

Dituduh beri jatah makanan dan bahan bakar tambahan kepada pasukannya.

img_title
VIVA.co.id
29 Juni 2018