Penderita Zika di Singapura Melonjak Jadi 115

Singapura Darurat Virus Zika.
Sumber :
  • REUTERS/Edgar Su

VIVA.co.id – Departemen Kesehatan dan Lingkungan Hidup Nasional Singapura melaporkan bahwa jumlah warganya yang terkena wabah Zika melonjak menjadi 115 orang dari sebelumnya 41 orang.

WHO: Indonesia Paling Rentan Terkena Virus Zika

Menteri Kesehatan Singapura Gan Kim Yong mengatakan, dari 115 orang ditemukan seorang wanita hamil yang didiagnosa terkena virus tersebut.

"Seiring waktu, kami harus bekerja keras untuk menghentikan penularan Zika di wilayah lain di Singapura. Selain itu, kami juga memperluas upaya pengendalian Zika di luar daerah yang terkena wabah," kata Kim Yong, seperti dikutip situs Channel News Asia, Kamis, 1 September 2016.

Thailand Umumkan Kelahiran Bayi Mikrosephalus karena Zika

Otoritas Singapura juga mengidentifikasi sembilan kasus tambahan sebagai hasil dari pengujian Depkes untuk kasus-kasus sebelumnya.

Pasien wanita hamil yang terkena Zika ini tinggal di daerah Sims Drive/Aljunied Crescent dan didiagnosis pada Rabu.

Virus Zika, Berbahaya Tapi Bisa Dicegah

Saat ini, wanita tersebut sudah dibawa Rumah Sakit Ibu dan Anak. Terjangkitnya wanita tersebut lantaran tinggal satu atap dengan anggota keluarga yang juga didiagnosis positif Zika.

Profesor Arijit Biswas dari Departemen Obstetri dan Ginekologi, National University Hospital, mengatakan bahwa pihaknya sedang intensif memantau kesehatan sang ibu dan jabang bayi yang dikandungnya.

"Bagi ibu hamil, untuk menghindari terjangkit Zika maka harus memeriksakan kesehatan dan kandungannya setiap empat minggu," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya