China Gandeng Vietnam Hadapi Konflik Laut China Selatan

Warga Vietnam protes atas pendudukan China di Laut China Selatan.
Sumber :
  • globalnation.inquirer.net

VIVA.co.id – Perdana Menteri China Li Keqiang meminta Vietnam bekerjasama dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan.

Patroli Laut China Selatan, Australia Bangun Armada Drone

"China dan Vietnam harus bekerjasama untuk menjaga stabilitas maritim, mengontrol perselisihan dan meningkatkan kerja sama maritim. Saya yakin, hal ini dapat menciptakan kondisi untuk kestabilan hubungan bilateral," kata PM Li kepada PM Vietnam Nguyen Xuan Phuc pada sebuah pertemuan Senin kemarin, 12 September 2016.

Dalam hal ini, Vietnam menyambut baik permintaan China dan menyatakan pihaknya sangat mendukung resolusi damai atas sengketa. Namun, Vietnam tetap menegaskan kedaulatan negaranya.

AS Siap Imbangi Dominasi Tiongkok di Laut China Selatan

"Isu maritim harus ditangani secara tepat dengan cara damai, atas dasar kesetaraan dan saling menghormati demi hubungan antara kedua negara," kata PM Phuc.

Pengamat menilai, Vietnam sebagai negara di tengah ketegangan sengketa Laut China Selatan kini memiliki posisi sebagai "pencegah,” yang berupaya untuk mengamankan Zona Ekonomi Eksklusif yang berjarak 200 mil dari klaim Laut China Selatan.

Kapal Perang AS Berlabuh di Laut China Selatan, Bikin Gentar

Sikap Vietnam yang lebih berpihak pada pemerintah China menuai protes dari warganya. Sejumlah warga Vietnam melakukan protes atas aksi China di laut tersebut. Namun pemerintah Vietnam bersikukuh untuk menempuh jalur diplomasi.

Pemerhati politik Rocky Gerung dalam forum diskusi bertajuk Gerakan Rasional Indonesia di kota Padang, Sumatra Barat, pada Senin, 9 Juli 2018.

Rocky Gerung: Konflik Laut China Selatan, RI Hanya Tahan 14 Jam

Dalam hitungan jam NKRI akan lumpuh, apa analisisnya.

img_title
VIVA.co.id
10 Juli 2018