ASEAN-India MoU Perdagangan Bebas

VIVAnews - Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) menandatangani perjanjian perdagangan bebas dengan India, di Bangkok, Kamis 13 Agustus 2009.

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini

Berdasarkan perjanjian ini, bea perdagangan barang elektronik, mesin, dan tekstil akan dikurangi hingga akhirnya dihapuskan sama sekali.

Perdagangan produk-produk tersebut mencapai 80 persen dari seluruh perdagangan antara ASEAN dengan India.

Laman stasiun televisi BBC memberitakan India berhasil mengeluarkan produk peternakan, dan 489 produk lainnya termasuk karet dari perjanjian tersebut. Piranti lunak komputer dan teknologi informasi juga tidak disertakan dalam kesepakatan.

Sejumlah kecil bea perdagangan komoditas seperti kopi dan minyak sawit akan diturunkan sekitar sepuluh tahun mendatang. Namun penurunan itu tidak akan berjumlah besar.

Perjanjian ini ditandatangani dalam pertemuan menteri-menteri keuangan ASEAN. ASEAN merupakan mitra dagang terbesar keempat India. Nilai perdagangan per tahunnya mencapai US$ 47 miliar.

Sekretaris Jenderal Federasi Kamar Dagang dan Industri India Amit Mitra menyambut baik perjanjian yang akan mulai berlaku pada Januari 2010. "Perjanjian ini menguntungkan semua pihak. Memang ada kerugian, tapi keuntungan akan lebih besar," kata Mitra.

Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro

Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 

Arema FC dalam catatan buruk di dua laga terakhir Liga 1. Teranyar mereka dipecundangi Persebaya Surabaya dengan skor 0-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024