Waspada Zika, AS Keluarkan 'Travel Warning' ke Indonesia

Ilustrasi/Singapura Darurat Virus Zika.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Kementerian Kesehatan Amerika Serikat mengeluarkan peringatan perjalanan (travel warning) ke-10 negara di Asia Tenggara bagi warga negaranya yang sedang hamil lantaran berisiko terinfeksi virus Zika.

Tantangan ASEAN di Usia ke-55 Tahun

Melansir situs Reuters, Jumat, 30 September 2016, ke-11 negara yang diklasifikasikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (US Centers for Disease Control and Prevention/US CDCP) adalah Brunei Darussalam, Myanmar, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Thailand, Timor Leste, Vietnam, dan satu negara non-ASEAN yakni Maladewa.

Pejabat Kemenkes AS mengatakan, Zika telah hadir di wilayah Asia Tenggara selama bertahun-tahun, dan beberapa negara telah melaporkan kasus sesekali atau wabah kecil.

Myanmar Bebaskan Ratusan Tahanan Politik

Sementara itu, US CDCP mengungkapkan telah ada variasi baru dalam jumlah kasus Zika yang dilaporkan di wilayah tersebut. "Sejauh ini kami melihat masyarakat di sana (ASEAN) kemungkinan besar kebal akan virus ini, tapi tidak dengan warga AS yang berwisata ke sana," kata seorang pejabat US CDCP.

Sedangkan tingkat risiko yang tidak diketahui, infeksi virus Zika selama kehamilan menyebabkan cacat lahir parah, termasuk microcephaly dan kelainan otak parah lainnya.

Indonesia Mencalonkan Diri Jadi Anggota Komisi PBB untuk Narkotika

Zika, penyakit yang ditularkan nyamuk Aedes Aegypti, pertama kali terdeteksi di Brazil tahun lalu dan telah menyebar secara global. (ase)

Menlu Indonesia Retno Marsudi (Tangkapan Layar dalam Kemkominfo TV)

Tantangan Indonesia Sebagai Ketua ASEAN 2023

Ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi Indonesia agar berhasil menjalankan perannya sebagai ketua ASEAN 2023.

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2023