AS Galau China Kian Agresif di Wilayah Sengketa

Kekuatan militer China.
Sumber :
  • blogs.reuters.com

VIVA.co.id – Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Ash Carter, mengatakan bahwa negaranya akan berpaling perhatiannya dari Timur Tengah ke Asia Pasifik. Menurutnya, pengalihan ini agar posisi AS tetap aman menjadi kekuatan nomor wahid di kawasan tersebut, dan untuk menekan kebangkitan kekuatan militer dan ekonomi China.

Ini Penyebab Saham Rontok dan Harga Emas Melejit

"Kami terus mempertajam kekuatan militer untuk tetap menjadi yang paling kuat dan berpengaruh di Asia Pasifik bersama mitra," kata Carter, seperti dikutip situs The Guardian, Jumat, 30 September 2016.

Ia juga menyoroti masih panasnya kawasan Laut China Selatan. Carter mengaku bahwa Beijing telah berprilaku agresif dengan mendirikan bangunan di wilayah sengketa.

Menlu Retno Khawatir Lihat Konflik Iran vs Israel, Dorong Deeskalasi di Timur Tengah

"Beijing tampaknya memilih prinsip yang ingin mendapatkan keuntungan sepihak, lalu melemahkan yang lain," ungkap dia.

Carter lalu memberi contoh pelarangan kebebasan navigasi yang memungkinkan kapal dan pesawat China mengawasi jalur udara.

Menlu Retno Ungkap 2 Arahan Jokowi soal Konflik Iran vs Israel

"Saya kira itu tidak benar. Prinsipnya tidak seperti itu. Wilayah udara Laut China Selatan berlaku untuk semua bangsa, dan bukan milik sepihak," katanya.

(ren)

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto saat ditemui di Taman Budaya, Yogyakarta.

PDIP: Serangan Iran ke Israel Dikhawatirkan Perburuk Perekonomian Indonesia

PDIP mengkhawatirkan dampak persoalan geopolitik global karena konflik di Timur Tengah antara Iran dengan Israel. Konflik tersebut dapat berdampak ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024