Kisah Sukses TKI Jadi Sarjana di Korea Selatan

Sebagian TKI yang diwisuda di Korea Selatan.
Sumber :
  • KBRI Seoul.

VIVA.co.id – Lima belas TKI resmi jadi sarjana dari Universitas Terbuka Cabang Korea. Mereka layak menyandang gelar sarjana setelah sekitar lima tahun banting tulang bekerja sambil belajar. Dubes John Prasetio mengingatkan bahwa kompetisi ke depan makin sengit.

Viral Turis Korea Dikecam Gegara Tindakan Tak Senonoh di Festival Kebudayaan Thailand

Meski 15 orang yang dinyatakan lulus, namun hanya delapan yang ikut wisuda sarjana di KBRI Seoul. Satu wisudawan tidak hadir karena harus masuk kerja, sedangkan enam lainnya sudah terlanjur kembali ke Indonesia karena kontrak kerjanya sudah habis.

Bertempat di aula KBRI Seoul, perhelatan wisuda sarjana UT Korea dilaksanakan dengan penuh khidmat. Sekitar 200-an tamu hadir memenuhi ruangan walaupun hujan deras mengguyur kota Seoul sejak siang hari. Selain Dubes, Wakil Dubes Cecep Herawan dan Koordinator Umum UT Korea, Syarif Hidayat, juga ikut mewisuda.

Barang-barang yang Tidak Boleh Dibawa oleh Penggemar pada Area Konser TVXQ di Indonesia

Lulusan kali ini adalah mereka yang mengambil kuliah jurusan Bahasa Inggris dan Manajemen. Mayoritas dari mereka adalah pekerja bidang manufaktur yang bekerja dari Senin sampai Sabtu. Rata-rata, mereka pulang kerja baru pukul 20.00 malam. Tidak hanya itu, hari Minggu pun terkadang dihabiskan untuk lembur. Tidak heran kalau waktu untuk belajar sangatlah minim.

Dubes RI untuk Korea Selatan  memberikan apresiasi yang tinggi atas pencapaian para TKI. Saat menyampaikan orasi, ia mengatakan, para pekerja itu disebut telah meningkatkan daya tawar mereka dengan ilmu pengetahuan yang dicapainya sehingga bisa pulang kampung dengan kepala yang tegak.

Terungkap! Ini Hasil Autopsi Kematian Park Boram

"Dunia saat ini diwarnai dengan kompetisi yang sangat ketat. Bangsa Indonesia hanya akan menjadi salah satu negara yang disegani manakala memiliki daya kompetisi yang tinggi. Prediksi positif masa depan Indonesia hanya bisa terwujud dengan kualitas SDM yang tinggi," ujar John Prasetio, melalui siaran pers yang diterima oleh VIVA.co.id, Senin, 3 Oktober 2016.

KBRI Seoul menjadikan wisuda kali ini sebagai perhelatan yang sangat hebat. Selain kemeriahan acara, berbagai BUMN, perusahaan lokal dan organisasi kemasyarakatan memberikan hadiah serta apresisasi bagi wisudawan. Sehingga mereka pulang dengan hadiah yang berlimpah.

BNI Cabang Seoul ikut memfasilitasi kemeriahan acara wisuda. Menurut GM BNI, Wan Andi Aryadi TKI yang menjadi sarjana berarti menambah bekal pulang, selain modal dan pengalaman kerja. "Untuk itu, kami siapkan buat mereka dengan Skema Kredit Usaha Rakyat," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya