Virus Zika Mulai Menyebar di Malaysia

Nyamuk Aedes Aegipty, penyebab Virus Zika.
Sumber :
  • REUTERS/Daniel Becerril

VIVA.co.id – Kementerian Kesehatan Malaysia pada awal September lalu mengonfirmasi warganya yang terinfeksi virus Zika. Bahkan salah satu wanita hamil berusia 27 tahun dikabarkan terjangkit virus tersebut.

Enam Pria Malaysia Dipenjara Sebulan karena Tidak Salat Jumat

Infeksi Zika terhadap wanita hamil telah terbukti menyebabkan microcephaly, yaitu kondisi cacat lahir di mana bayi yang lahir memiliki ukuran kepala yang tidak normal. Hubungan antara Zika dan kelainan pada bayi ini pertama kali terjadi tahun lalu di Brasil.

"Memang ada beberapa larangan dan peningkatan kewaspadaan yang diterapkan di Malaysia. Kita tentu berhati-hati. Sejauh ini juga pemerintah belum memberlakukan status darurat di negara kami, tetapi tindak pencegahan sudah kami lakukan," kata Duta Besar Malaysia, Dato Seri Zahrain Mohamed di Jakarta, Rabu, 5 Oktober 2016.

Kasus Korupsi Puluhan Triliun 1MDB Lanjut, Najib Razak Terkejut

Pihak pemerintah Malaysia pertama kali mencatat kasus infeksi virus Zika ketika seorang wanita berusia 58 tahun terbukti positif menunjukkan gejala penyakit ini. Diketahui, ia terjangkit Zika sekembalinya dari Singapura pada 21 Agustus lalu.

Kementerian Kesehatan Malaysia mengatakan bahwa sejak virus Zika telah terdeteksi di negaranya, maka jumlah kasus ini diperkirakan dapat meningkat lebih lanjut. Kegiatan pencegahan secara serius juga perlu dilakukan oleh masyarakat, individu dan instansi terkait lainnya.

Malaysia Makin Ngebet Gojek, Dipuja-puji Abis

"Kemenkes Malaysia tentu akan terus memantau kasus ini. Kami berharap kondisinya terus membaik dan semua masyarakat dapat mengambil peranan dalam menanggulangi kasus ini," kata Dato.

Ilustrasi nyamuk.

750 Juta Nyamuk Buatan Siap Dilepas untuk Lawan DBD dan Virus Zika

Adakah dampak negatif terhadap manusia dan lingkungan?

img_title
VIVA.co.id
24 Agustus 2020