Lama Hilang, Al Baghdadi Tiba-tiba Umumkan Yakin Menang

Pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi.
Sumber :
  • REUTERS/Social Media Website via Reuters TV

VIVA.co.id – Pemimpin tertinggi kelompok militan ISIS, Abu Bakar al Baghdadi secara mengejutkan muncul dan mengumumkan keyakinannya akan kemenangan ISIS di kota Mosul.

Pemimpin Baru ISIS 'Sang Penghancur', Terkenal karena Kebrutalannya

Meski hanya melalui rekaman suara, ini adalah kemunculan kembali al Baghdadi setelah hampir setahun tak pernah terdengar. Sempat beredar rumor, al Baghdadi terluka parah dalam serangan udara yang dilakukan AS di Irak.

Melalui rekaman pesan suara, seperti diberitakan Reuters pada 3 November 2016,  dengan percaya diri al Baghdadi mengatakan, "ini adalah perang total dan jihad besar bahwa ISIS sedang berjuang hari ini hanya untuk menegakkan agama kita, dan atas izinnya, dan keyakinan kita semua bahwa ini adalah awal kemenangan."

Jet Tempur Prancis dan Irak Kompak Bombardir Markas ISIS di Irak

Ia menyerukan pada seluruh anggota ISIS yang berada di Mosul dan provinsi Nineveh untuk berjuangan melawan musuh Tuhan, dan pada pasukan bunuh diri, ia meminta pasukan itu totalitas. "Mengubah malam orang-orang kafir menjadi siang hari dan berikan malapetaka di tanah mereka, dan jadikan aliran darah mereka laksana sungai," ujar Baghdadi dalam rekaman yang dipublikasikan oleh pendukungnya.

Pemimpin ISIS Abu Bakar al Baghdadi sangat jarang tampil di hadapan publik. Namun hingga setahun lalu, pemberitaan dan rekaman suaranya seperti menghilang, seiring dengan isu ia terluka parah akibat serangan udara Amerika dan Koalisi Internasional yang gencar dilakukan di Irak dan Suriah.

Pangkalan Militer AS di Irak Diserang Rudal
VIVA Militer : Tentara Irak Serbu Markas Kataib Hizbullah

Mencekam, Kawasan Pusat Pemerintahan Irak Diserang Roket 'Tak Bertuan'

3 roket mendarat di dekat kantor pemerintahan Irak dan kedutaan asing

img_title
VIVA.co.id
28 Agustus 2020