Donald Trump Unggul Sementara

Donald Trump (kiri) dan Hillary Clinton (kanan).
Sumber :
  • REUTERS/Carlo Allegri0/Carlos Barria

VIVA.co.id – Kandidat Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump, unggul sementara atas pesaingnya dari Partai Demokrat, Hillary Clinton. Trump unggul 30 suara berdasarkan penghitungan hingga pukul 19.00, Selasa 8 November 2016 watu setempat atau 9 November 2016 waktu Indonesia.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Hillary meraih tiga electoral vote, sedangkan Trump meraup 33 suara. Mereka memperebutkan 538 electoral vote. Perlu setidaknya 270 suara untuk tampil sebagai pemenang.

Dari lima negara bagian yang telah menunjukkan hasil, sebagaimana dilansir Reuters, Hillary unggul di satu negara bagian, sedangkan Trump menang di empat negara bagian.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Trump memperoleh kemenangan di Indiana, Kentucky, South Carolina, dan West Virginia. Sementara itu, Clinton baru mendapatkan kemenangan dari Vermont.

Diberitakan sebelumnya, berdasarkan jajak pendapat terakhir, Hillary Clinton menguasai nyaris seluruh wilayah AS. Namun, suara yang ia peroleh untuk menang hanya selisih tipis dengan Trump, hanya sekitar tiga hingga lima persen.

Donald Trump Siap Luncurkan TRUTH Social, Platform Medsos Tandingan

Sebelumnya, angka persaingan Trump dan Hillary susul menyusul dengan selisih sangat tipis. Namun, sejak Trump diterpa isu pelecehan pada perempuan, perlahan elektabilitas Hillary meningkat. Meski selisihnya sangat tipis, Hillary terlihat menguasai perolehan angka.

Mantan Presiden AS Donald Trump

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Mantan Presiden AS Donald Trump dan dua anaknya dipanggil pengadilan karena diduga memperoleh keringanan pajak dan pinjaman melalui penilaian aset yang curang

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022