Ini Negara Bagian yang Menangkan Trump

Popularitas Donald Trump dan Hillary Clinton di Twitter
Sumber :
  • Twitter

VIVA.co.id – Hasil sementara menunjukkan Donald Trump dari Partai Republik unggul dengan perolehan Electoral Vote, 245 suara. Sementara itu, Hillary Clinton, perolehan suara tertinggal cukup signifikan, yakni hanya 215 suara.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id di pusat kebudayaan @america, Trump sejauh ini memenangi suara sebesar 48,3 persen. Hal ini cukup mengejutkan lantaran pada kampanye beberapa waktu lalu, Hillary selalu unggul di beberapa negara bagian, juga di swing state.

Beberapa negara yang telah mengumumkan hasil pemilihan umum dan memenangi Trump antara lain Michigan dengan perolehan 48,2 persen, Utah 52,9 persen, Iowa 51,9 persen, Wisconsin 49,2 persen, dan Arizona 49,4 persen.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Hillary butuh angka yang lebih banyak untuk mengejar ketertinggalan. Namun, dengan selisih yang cukup jauh, rasanya nyaris mustahil mantan menteri Luar Negeri AS itu mampu mengejar. Sementara itu, Trump hanya membutuhkan sekitar 25 suara lagi untuk mendapatkan 270 suara sebagai bekal di electoral college.

Daniel Cooper, pengamat politik dari AS juga menyampaikan keterkejutannya. Saat diwawancara oleh VIVA.co.id, ia mengaku tak menyangka Trump bisa menang.

Donald Trump Siap Luncurkan TRUTH Social, Platform Medsos Tandingan

"Saya pikir Hillary yang akan menang mudah. Tapi ternyata tidak,”ujarnya. 

Cooper mengaku masih menunggu hasil dari swing state. "Kita masih menunggu beberapa negara bagian seperti swing state. Ini rumit, tapi kita lihat saja nanti," kata Cooper.

Mantan Presiden AS Donald Trump

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Mantan Presiden AS Donald Trump dan dua anaknya dipanggil pengadilan karena diduga memperoleh keringanan pajak dan pinjaman melalui penilaian aset yang curang

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022