Jerman Tak Menyangka Trump Unggul

Presiden AS Donald Trump.
Sumber :
  • REUTERS/Carlo Allegri

VIVA.co.id – Kandidat Presiden AS dari Partai Republik Donald Trump sudah digadang bakal menang. Perolehan angka dari 41 negara bagian yang sudah masuk menunjukkan perolehan suara Trump yang mengungguli Hillary.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Meski belum jelas apakah Trump pasti menang, namun kabar bahwa angka yang diraih Trump sudah nyaris tak terkejar oleh Hillary membuat Jerman memberikan komentarnya.

Seorang anggota senior dari Partai Konservatif Angela Merkel mengatakan bingung, dan sama sekali tak menyangka kemenangan ini. "Saya tak bisa membayangkan, apa yang akan ia lakukan sebagai Presiden AS, saat situasi geopolitik tak menentu," ujar nara sumber yang tak disebutkan namanya itu seperti diberitakan Reuters, 9 November 2016.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Sementara itu Menteri Pertahanan Jerman Ursula Von Der Leyen mengatakan, perkembangan politik yang terjadi dalam pemilu AS ini adalah sebuah "guncangan besar." Ia yakin, Trump tahu, ia menang bukan karena ia adalah pilihan utama, namun memenangkan Trump adalah bagian dari perlawanan anti-kemapanan. "Lompatan yang terjadi pada Trump ini adalah sebuah kemenangan yang tak diharapkan dalam proses pemilihan Presiden AS," ujarnya.

"Saya yakin, Trump pasti tahu. Ini bukan tentang memilih dia, tapi ini adalah perlawanan pada Washington, pada kemapanan," ujar Ursula saat diwawancara saluran televisi ARD, Rabu, 9 November 2016.

Donald Trump Siap Luncurkan TRUTH Social, Platform Medsos Tandingan

Unggulnya Trump memang diluar dugaan. Seluruh jajak pendapat yang diadakan beberapa lembaga polling yang kredible memperlihatkan hasil, Clinton unggul. Namun hari ini semua prediksi itu jungkir balik. Trump melenggang dan jauh melampaui Clinton.

Mantan Presiden AS Donald Trump

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Mantan Presiden AS Donald Trump dan dua anaknya dipanggil pengadilan karena diduga memperoleh keringanan pajak dan pinjaman melalui penilaian aset yang curang

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022