Trump Menang

Pendukung Trump merayakan kebahagiaan.
Sumber :
  • Reuters/Joshua Roberts

VIVA.co.id – Pemilu Amerika Serikat memberi kejutan besar. Apa yang terjadi hari ini di luar prediksi banyak pihak. Donald Trump meraih kemenangan.

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Sejak awal terpilihnya Trump dan Hillary Clinton sebagai kandidat Presiden AS dari Partai Republik dan Partai Demokrat, keduanya sudah saling bersaing dengan selisih suara yang tipis. Kisaran selisih suara keduanya hanya sekitar tiga hingga lima persen.

Tiga kali Debat Kandidat Presiden AS yang mereka lalui juga selalu memberi kemenangan pada Hillary. Apalagi, kemudian Trump juga diterpa isu pelecehan seksual yang membuat suara perempuan beralih ke Clinton. Bahkan, sejumlah petinggi dari Partai Republik juga menarik dukungan mereka pada jawara properti itu.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Sejak dua pekan sebelum hari H, bahkan nyaris seluruh lembaga yang melakukan jajak pendapat memberi angka kemenangan untuk Hillary.

Namun, publik AS bicara lain. Hari ini, Rabu, 9 November 2016 WIB, Trump justru berhasil menyisihkan Hillary untuk electoral vote. Diberitakan oleh Washington Post, Trump berhasil meraih suara di atas 270.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Sementara itu, pada pukul 14.50 WIB, ia unggul dengan angka 276 suara electoral, sedangkan Hillary meraih 218 suara.

Angka ini sangat mengejutkan, mengingat sejak awal posisi Hillary selalu mengungguli Trump, meski dengan selisih angka yang sangat tipis. Bahkan, sejumlah jajak pendapat menjelang pemilihan, selalu menempatkan Hillary sebagai pemenang. Namun apa daya, hasil bicara beda.

Ketua Tim Pemenangan Clinton minta pendukung pulang

Sementara itu, sebelum hasil disampaikan, perolehan suara Trump yang terus menjauh dan meninggalkan Hillary membuat tim kampanye Clinton mengambil keputusan cepat. Ketua Tim Pemenangan Kampanye Clinton John Podesta segera naik ke podium tak lama setelah angka untuk Trump menembus 260.

Diberitakan oleh Reuters, 9 November 2016, sambil berjalan pelan dan kepala menunduk, Podesta melangkah ke tengah panggung yang digelar oleh pendukung Hillary di Manhattan, New York.

Ia lalu berdiri di tengah panggung. Menatap semua yang hadir, tersenyum sedikit, dan akhirnya berbicara. Kepada seluruh pendukung Hillary, Podesta meminta mereka semua untuk tetap tenang dan segera pulang ke rumah masing-masing.

Tak banyak yang disampaikan oleh Podesta. Namun, itu bisa menjadi jawaban, betapa terpukulnya pendukung Hillary menghadapi hasil pemilu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya