PDIP Tunggu Langkah Lanjutan Trump Pasca Kemenangan

Donald Trump Menjadi Presiden Amerika Serikat
Sumber :
  • REUTERS/Brendan McDermid

VIVA.co.id – Anggota Komisi I DPR Fraksi PDIP, Evita Nursanty menilai Indonesia dan negara-negara lain masih perlu menunggu langkah lanjutan setelah kemenangan Donald Trump sebagai presiden Amerika Serikat (AS).

AS Waspadai Serangan Teroris dari Orang-orang Kecewa Hasil Pilpres

"Ada yang kuatir tapi saya pikir politik luar negeri itu sangat dinamis. Semua negara itu saling membutuhkan termasuk untuk Asia, ASEAN dan khususnya Indonesia," kata Evita saat dihubungi, Rabu 9 November 2016.

Ia menambahkan mungkin ada sedikit perubahan prioritas bagi Trump tapi tidak akan 180 derajat. Ia memprediksi Trump sepertinya akan fokus ke ekonomi lokal AS. Sebab itu janjinya kepada warga AS sehingga mendapat dukungan.

Catatan SBY soal Drama Politik AS yang Bisa Dipetik Pecinta Demokrasi

"Tapi masalah yang dihadapi kan tidak hanya itu, tapi juga masalah luar negeri termasuk persoalan di Laut China Selatan, Timur Tengah dan lainnya. Termasuk penanganan Suriah, Irak, persaingan dengan China dan Rusia. Kita masih menunggu saja apa langkah riil lanjutannya setelah Trump resmi diangkat jadi presiden," kata Evita.

Ia melanjutkan tadi sempat melihat ada reaksi negatif di bursa efek. Tapi ia berharap ini hanya reaksi sementara. Sehingga siapapun presiden Amerika Serikat bagi Indonesia tidak masalah.

Partisipasi Masyarakat di Pilkada 2020 Lebih Tinggi dari Pilpres AS

"Kita hanya ingin fokus kepada kepentingan dalam negeri kita. Jadi kita sangat menghormati pilihan rakyat AS dalam sebuah pilpres yang demokratis. Selanjutnya kita berharap hubungan baik antar kedua negara bisa terus ditingkatkan. Itu searah dengan politik luar negeri kita yang bebas aktif," kata Evita.

Kepala Eksekutif Facebook, Mark Zuckerberg.

Pilpres Bikin Facebook Alergi Politik

Kepala Eksekutif Facebook, Mark Zuckerberg, sedang memikirkan cara baru membuat konten politik kurang terlihat di platformnya.

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2021