Kebijakan Luar Negeri Trump Dinilai Mirip Putin

Donald Trump bersama Melania Trump (istrinya) dan Ivanka Trump (anak perempuannya).
Sumber :
  • REUTERS/Carlo Allegri

VIVA.co.id – Terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat ditanggapi positif oleh Pemerintah Rusia. Dalam hal ini, pihak Kremlin menilai kebijakan luar negeri Trump persis seperti Vladimir Putin.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov dalam sebuah kesempatan di New York mengatakan, ia melihat kesamaan yang luar biasa antara ide-ide kebijakan luar negeri Trump dan Putin. Hal ini dianggap sebagai dasar yang kuat untuk memulai dialog konstruktif antara Moskow dan Washington.

"Saya sangat terkesan, bahkan pidato kemenangan Trump serupa dengan pidato Putin di Rusia bulan lalu," kata Peskov, seperti dilansir Reuters, Jumat 11 November 2016.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Menurut Peskov, baik Trump maupun Putin sama-sama mementingkan kepentingan nasional negaranya, namun tetap siap mengembangkan hubungan dengan negara lain. Hal ini tergantung pada seberapa siap negara-negara lain tersebut untuk memperdalam hubungan mereka.

"Mereka (Putin dan Trump) mengatur prinsip-prinsip kebijakan luar negeri utama yang sama, dan itu adalah hal luar biasa. Ini adalah fenomena seberapa dekat konsep kebijakan antara kedua pemimpin," ujarnya.

Donald Trump Siap Luncurkan TRUTH Social, Platform Medsos Tandingan

Dalam kesempatan terpisah, Peskov pun menegaskan bahwa Putin siap untuk menjadi lebih terbuka dan memperbaiki hubungan dengan Amerika. Namun, ia juga ingin melihat seberapa jauh timbal balik AS.

Mantan Presiden AS Donald Trump

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Mantan Presiden AS Donald Trump dan dua anaknya dipanggil pengadilan karena diduga memperoleh keringanan pajak dan pinjaman melalui penilaian aset yang curang

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022