Kaum Pria Penyumbang Suara Terbesar Kemenangan Trump

Presiden AS terpilih Donald Trump saat bertemu dengan Presiden AS Barack Obama di Oval Office, Gedung Putih.
Sumber :
  • REUTERS/Kevin Lamarque

VIVA.co.id – Kemenangan Donald Trump masih menyisakan rasa tak percaya dan kesedihan bagi penolaknya. Lalu, siapa yang berperan menyumbangkan kemenangan untuk Trump?

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Diberitakan oleh BBC, 10 November 2016, ternyata kaum pria adalah pemilih terbesar Trump. Berbeda dengan kaum perempuan yang lebih memilih Hillary Clinton, para pria ternyata lebih memilih Trump.

Informasi ini didapat dari jajak pendapat yang kembali dilakukan oleh Edison Research for the National Election Pool, yang merupakan konsorsium ABC News, kantor berita Associated Press, CBS News, Fox News, dan NBC News. 

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Lembaga itu memperlihatkan, pria yang memilih Trump mencapai 53 persen, sedangkan pria yang memilih Hillary hanya sekitar 41 persen, hanya enam persen pria yang menjawab tidak tahu. Dari perempuan yang memberikan suara, hanya 42 persen yang memilih Trump, sedangkan 54 persen memilih Hillary. Hanya empat persen yang mengatakan tidak tahu. 

Selain mendapat dukungan dari kaum pria, ternyata Trump meraih dukungan dari kulit putih. Ia dipilih oleh 58 persen warga kulit putih AS.

Donald Trump Siap Luncurkan TRUTH Social, Platform Medsos Tandingan

Jumlah ini sangat signifikan, karena ras kulit putih di AS mencapai 70 persen dari total jumlah penduduk. Sementara itu, dukungan dari ras kulit hitam untuk Hillary justru sangat tinggi, yaitu mencapai 88 persen. Hanya delapan persen warga kulit hitam yang mendukung Trump. 

Selain itu, dari warga Hispanik, dukungan untuk Hillary juga mencapai 65 persen. Hanya 29 persen warga Hispanik yang mendukung Trump. Meski Trump pernah mengeluarkan kalimat yang kontroversial mengenai Meksiko, tapi ternyata masih ada warga Hispanik yang memilihnya.

Mantan Presiden AS Donald Trump

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Mantan Presiden AS Donald Trump dan dua anaknya dipanggil pengadilan karena diduga memperoleh keringanan pajak dan pinjaman melalui penilaian aset yang curang

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022