Australia Siap Kembalikan Pengungsi ke Negara Ketiga

Ilustrasi/Pengungsi Suriah di Perbatasan Hungaria.
Sumber :
  • REUTERS/Marko Djurica

VIVA.co.id – Pemerintah Australia telah mencapai kesepakatan dengan pemukiman negara ketiga, bagi para pengungsi yang saat ini berada di pusat-pusat pemrosesan regional.

Australia Hentikan Proses Pencari Suaka di Papua Nugini, Ada Apa?

Dalam hal ini, pengaturan pemukiman kembali (resettlement) dengan Papua Nugini dan Kamboja telah terbentuk, bagi mereka yang ditemukan sebagai pengungsi di Nauru dan Pulau Manus. Australia juga telah mengadakan kesepakatan dengan Amerika Serikat.

"Prioritas pemukiman kembali di bawah pengaturan ini adalah untuk mereka yang paling rentan, yaitu wanita, anak-anak, dan orangtua. Nantinya, otoritas Amerika Serikat akan melakukan penilaian pengungsi mereka sendiri dan memutuskan siapa yang akan dimukimkan kembali di AS," kata Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull dalam siaran persnya, Selasa 22 November 2016.

KKB Pimpinan Lamek Tablo Bakar Fasilitas Umum di Kiwirok

Turnbull mengatakan, para pengungsi yang akan dimukimkan di Amerika, perlu memenuhi persyaratan standar masuk AS, termasuk melewati pemeriksaan kesehatan dan keamanan. Proses ini akan memakan waktu dan pemukiman kembali akan dilakukan secara bertahap.

"Pengaturan ini didukung oleh Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) dan kami akan terlibat dalam pelaksanaannya. Kami juga mendukung Pemerintah Nauru dan Papua Nugini, untuk mengembalikan para pengungsi ke negara asal mereka," ujar Turnbull.

Penangkapan Dua Anggota KSB di Papua Bermula dari Perahu Mencurigakan

Pemerintah Australia juga telah bertindak tegas dalam hal perbatasan, terutama untuk menghentikan perahu, menutup pusat penahanan onshore, dan mengeluarkan anak-anak dari tahanan. Pemukiman di Australia, tidak akan menjadi pilihan bagi pengungsi yang ditemukan, bagi siapa saja yang mencoba melakukan perjalanan ke Australia secara ilegal dengan perahu.

"Kebijakan perlindungan perbatasan Australi,a tetap konsisten dan tegas. Kami akan menghentikan penyelundupan manusia di mana hal itu aman. Masuknya pengungsi ilegal, juga akan segera dikirim ke pusat pemrosesan regional," kata Turnbull. (asp)

Dandim 1715 Yahukimo Letkol Inf. Cristian Irreuw

Suplai Senjata KKB Penembak Mati Sertu Ari Diduga dari Papua Nugini

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Tendius Gwijangge baku tembak dengan prajurit TNI dan menyebabkan satu prajurit TNI gugur.

img_title
VIVA.co.id
22 November 2021